JUMLAH LANSIA DI PANGANDARAN CAPAI 40 RIBU JIWA

PARIGI-Berdasarkan hasil survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) tahun 2014, jumlah rumah tangga lanjut usia (lansia) sekitar 16,08 juta atau 24,50 persen dari dari jumlah rumah tangga di Indonesia.
Demikian disampaikan Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata dalam sambutannya saat menghadiri Pengukuhan dan Rapat Koordinasi Komda Lansia Kabupaten Pangandaran tahun 2017 di aula setda. (23/5).

Dikatakan Jeje, rumah tangga lansia adalah anggota rumah tangga yang berumur 60 tahun ke atas.

“Jumlah lansia pada tahun 2020 diprediksi mencapai angka 30 jiwa atau sebanding dengan 15,5 % dari seluruh penduduk Indonesia. “kata Jeje.

Lanjut usia, menurut Jeje, merupakan karunia Tuhan pada seluruh hambaNya yang harus disyukuri bersama. Tapi di Indonesia lanjut usia juga mempunyai hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dalam undang-undang nomer 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia, pemerintah bertugas mengarahkan, membimbing dan menciptakan suasana penunjang bagi terlaksananya upaya peningkatan kesejahteraan sosial para lansia.

“Jadi kita harus mengupayakan agar lansia pun bisa berperan dalam pembangunan dengan kearifan, keterampilan dan kondisi fisiknya. “imbuh Jeje.

Menurut Jeje, ada 6 faktor yang perlu diperhatikan menjelang lanjut usia. Seperti, kesehatan emosi/fisik yang baik, pendapatan yang cukup, akomodasi sesuai, rekan atau tetangga yang sehaluan, hobbi yang mengasyikan dan filosofi hidup yang memadai.

Sementara Wakil Bupati, H. Adang Hadari yang juga Ketua Komda Lansia Kabupaten Pangandaran mengatakan, jumlah lansia di Pangandaran ada sekitar 40800 jiwa dan merata ada hampir di setiap kecamatan.

“ Tapi data ini harus diperifikasi ulang, dan saya minta ke dinas terkait untuk mendata ulang berapa jumah riil lansia yang ada di Kabupaten Pangandaran. “ungkap Adang. (hiek)

Related

berita 9037502032126784283

Posting Komentar

emo-but-icon

item