BAZNAS KABUPATEN PANGANDARAN SEKARANG SUDAH TERBENTUK


PARIGI-Potensi zakat yang begitu besar di  Kabupaten Pangandaran masih belum dikelola secara maksimal, sehingga dana zakat yang dihimpun saat ini masih belum menyentuh pada permasalahan umat yang mendasar yaitu kemiskinan, kesehatan dan pendidikan serta pembinaan akhlak.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pangandaran saat ini mulai merintis upaya penghimpunan dana umat melaui zakat infak dan shadaqah. Dengan terbentuknya BAZNAS melalui Surat Keputusan (SK) Bupati  Pangandara, melalui Sub seksi Zakat Wakaf pada Seksi Urusan Agama Islam (Urais), dengan dana operasionalnya didukung oleh APBD  Pangandaran serta bagian hak amil.

Keberadaan BAZNAS, sebelumnya belum mampu mengelola masalah zakat di Pangandaran karena operasionalnya bersifat insidentil yang menangani zakat fitrah, mal, infaq dan shadaqah pada saat bulan ramadhan saja setiap tahun dan pendistribusiannya pun langsung habis saat itu juga.

Untuk menunjang salah satu program pemerintah, menanggulangi kemiskinan kini Kabupaten Pangandaran, tangga 1 Desember lalu  telah melantik kepengurusan Baznas.

Dalam sambutannya, Ketua Baznas terpilih, Drs. Hendrik menyampaikan, secara potensi zakat itu sangat besar, sekitar Rp. 5 milyar  bisa terkumpul setiap tahunnya. Tapi secara tradisional potensi tersebut sulit tergali karena tidak terjadi kesadaran bersama di kalangan masyarakat luas.

“Saya byakin, ke depannya di bawah kepeminpinan Bupati Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Adang Hadari kebersamaan dalam pengelolaan zakat akan selalu sinegis. “ungkap Hendrik.(30/12).

Dan saat ini, lanjut Hendrik, baznas siap untuk melangkah membuat system yang praktis dan inopatif untuk lebih menggali lagi potensi zakat bersama-sama pemerintah.

“Insaalloh, kedepan kami akan menyusun pola pemberdayaan masyarakat, seperti baznas pangandaran sehat, baznas pangandaran cerdas, mandiri, taqwa sehingga baznas pangandaran bisa ikut peduli pada sektor kemanusiaan, dan saya yakin dengan pemkab pangandaran akan mendukung program-program ini. “pungkas Hendrik. (TONI  T)


Related

berita 4288830036925442181

Posting Komentar

emo-but-icon

item