PUTING BELIUNG PORAK PORANDAKAN PARIGI KABUPATEN PANGANDARAN

PARIGI-Angin dengan kecepatan tinggi menyapu dan meluluhlantakan beberapa rumah warga di Desa Parigi dan desa Karangjaladri yang berada di wilayah kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Rabu sore. (12/10).

Raungan bunyi sirine menghiasi jalannya evakuasi, dan kesibukan warga, BPBD, polisi dan TNI terlihat bahu membahu menyingkirkan reruntuhan pepohonan yang menghalangi jalan juga membereskan puing puing disekitar pertokoan yang porak poranda dihantam puting beliung.

Yani (45), salah seorang warga dusun Purwasari -desa Parigi menuturkan," Kejadian angin kencang itu berlangsung sekitar 5t-10menit disertai suara petir dan hujan deras,

“Warga pun terlihat berlarian keluar rumah untuk menghindari kalau-kalau rumahnya ambruk tertimpa pohon. “ ungkap Yani. (12/10).

Ditambahkan Yani, lokasi yang paling parah terjadi di Rt 03 dan Rt 04 Rw 07 Dusun Purwasari Desa Parigi,
“Rumah saya pun gentingnya habis beterbangan, sampai saya gemetaran lihat pohon-pohon disapu angin yang begitu kencang", ucapnya lagi.

Hasil pantauan P-news di dilapangan, ratusan rumah warga di Desa Parigi dan Desa Karangjaladri hancur tertimpa pohon tumbang dan sapuan putingbeliung yang merusak hampir seluruh bagian atap rumah.

Saat dihubungi lewat telepon celullernya, Kepala Desa Karangjaladri, Ir. Dedi menuturkan, puting beliung yang terjadi di desanya mengakibatkan di Dusun Astmaya 157 rumah rusak berat  16 rusak sedang 141 rusak ringan, Dusun Buniayu 73 rusak berat 45 rusak sedang 26 rusak ringan dan di Dusun Bojongsalawe 55 rumah rusak berat 15 rusak ringan 40 rusak ringan.

“Total keseluruhan 285 rusak berat 76 rusak sedang dan 209 rumah rusak ringan. “terang Dedi.

Dedi juga membenarkan salah seorang warganya, Ade Sapju (43) penduduk Rt 03 Rw 04 Dusun Bojongsalawe meninggal akibat tersambar petir.

Sementara, diperoleh keterangan, Bupati pangandaran, H. Jeje Wiradinata langsung meluncur ke lokasi bencana untuk melihat kondisi warga usai mengikuti rapat paripurna bersama DPRD di gedung Da’wah Cijulang. (AGE).

Related

berita 4312797934456419265

Posting Komentar

emo-but-icon

item