AGUS BUDIMAN: “TIDAK BENAR KAMI ABAIKAN SDN IV KERTAMUKTI..”

CIJULANG-Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SDN 4 Kertamukti Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran terus berlanjut walau fasilitas tiga ruang kelas disekolah tersebut mengalami kerusakan akibat rangka atap baja ringannya mengalami keropos/berkarat hingga akhirnya ruangan kelas tersebut tidak dipakai lagi, dikhawatirkan bisa mencelakai siswa di dalam kelas karena sebagian atap gentingnya banyak yang jatuh.

“Keadaan tersebut sudah berlangsung sejak dua bulan lalu. “Kata salah seorang guru, Wardi.(26/10).

Awalnya, menurut Wardi, ada beberapa genting yang jatuh di ruangan kelas tersebut tapi saat itu juga bisa diatasi. Namun semakin kesini keadaan atap tersebut semakin parah.

“Melihat hal tersebut dan untuk menjaga keselamatan siswa, kami pun berinisiatif menurunkan semua genting.di tiga ruangan kelas tersebut."ungkapnya.

Dikatakan wardi lagi, ruang kelas yang dibangun tahun 2009, (saat itu masih Pemkab Ciamis) dibangun dengan rangka atap baja ringan.

“Mungjkin karena sudah 7 tahun , ditambah  lokasi sekolah kami berada di pinggir laut, maka atap rangka baja tersebut cepat berkarat dan keroipos. “terang Wardi.

Ditemui di ruang kerjanya, Kasi Sarana Pendidikan Dasar (dikdas) Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga kabupaten Pangandaran, H. Agus Budiman menjelaskan, sejak tiga bulan lalu pihaknya sudah mengajukan usulan ke Kemeterian Pendidikan Nasional (kemendiknas) dengan mengajukan Ruang Kelas Baru (RKB), namun samapai saat ini, menurut Agus, belum bisa ada realisasi.

“Tidak benar jika di media dikatakan, pihak Dinas Pendidikan Pangandaran tidak memperhatikan SDN 4 Kertamukti. “terang Agus.(26/10).

Bahkan, menurutnya, didampingi Ketua K3S Cimerak, Wawan Kustaman, ia sudah dua kali meninjau langsung ke lapangan.

“Jadi tidak benar jika kami tidak merespon apa yang terjadi di sekolah-sekolah yang ada di daerah, karena ini memang tanggungjawab kami dalam menyediakan sarana untuk terselenggaranya kegiatan belajar siswa. “tegas Agus.

Untuk sementara ini, menurut Agus, agar tidak menggangu proses belajar, kegiatan belajar mengajar dipindahkan di ruang perpustakaan dan lorong bangunan kelas.

“Mudah-mudahan pada anggaran 2017 Kemendiknas, tepatnya bulan april realisasi anggaran untuk RKB SDN Kertamukti 4 bisa direalisasikan. “Kata Agus.

 Terkait masalah fasilitas pendidikan, sebenarnya kata Agus, dari Disdikbudpora Kabupaten Pangandaran Bidang Dikdas, sangat memprioritaskan semua kebutuhan yang langsung menyangkut kebutuhan KBM, termasuk rehab untuk sekolah yang sudah tidak layak.

“Karena anggaran untuk RKB SDN 4 Kertamukti menggunakan anggaran dari pusat, maka prosesnya pun beda dengan anggaran dari APBD kabupaten. “terang Agus lagi. (AGE).

Related

Pendidikan 2616778574773406148

Posting Komentar

emo-but-icon

item