RATUSAN PESILAT MERIAHKAN GELAR BUDAYA SENI TRADISI PENCAK SILAT JAWARA PAKIDULAN

PANGANDARAN-Sekitar 900 jawara pakidulan dari masing-masing padepokan berkumpul mengikuti kegiatan Gelar Jawara Pakidulan ke 2 Kabupaten Pangndaran. Tepatnya di lapang bola eks. Startrust pantai barat  Pangandaran, sabtu (27/08) para peserta yang diikuti mulai dari anak usia TK hingga para sesepuh pencak silat se- Kabupaten Pangandaran pagelaran Jawara Pakidulan berkumpul untuk unjuk kebolehan.

Dalam even tersebut, turut digelar prosesi pagelaran seni tradisional pencak silat yang menampilkan beberapa perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Gelar budaya yang dibuka oleh Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, selain dihadiri para jawara, juga dihadiri  pejabat pemerintahan Kabupaten Pangandaran, Tokoh budaya dan masarakat berlangsung meriah dengan nuansa budaya.
Dalam sambutannya, Jeje Wiradinbata mengatakan, pemerintah meyambut baik serta memberikan apresiasi dengan even budaya dan berharap para jawara dapat berkontribusi serta berperan aktif dalam pembangunan yang sedang dilaksanakan di pangandaran.

“Para pelaku budaya diharapkan bisa memberikan warna pada pembangunan yang sedang dilakukan Pemda Pangandaran. “Ungkap Jeje.(27/8).

Ketua IPSI Pangandaran, Hendar Suhendar, dalam sambutannya berharap, seni budaya Pencak Silat dapat terus berkembang serta bisa terus ada di di tengah-tengah masartakat.
“IPSI Pangandaran siap membantu program pemerintah dalam membentuk karakter generasi muda karena seni budaya yang merupakan jati diri bangsa Indonesia. “Kata Hendar.

Ditambahkan Hendar, kegiatan ini juga bisa dijadikan ajang promosi Pangandaran sebagai daerah tujuan wisata dunia. Menurut Hendar, ada 38 paguron Yang ikut dalam pagelaran ini ditambah 18 utusan IPSI Jawa Barat, Banten dan komunitas silat DKI Jakarta.

”Pagelaran Jawara Pakidulan ini pun turut dihadiri tim pencak silat yang akan turun dalam PON XIX 2016. “Pungkas Hendar. (hiek)

Related

budaya 4527762517733125731

Posting Komentar

emo-but-icon

item