PERLUNYA PEMBINAAN MORAL DI PEDESAAN BISA DICANANGKAN DALAM PROGRAM DANA DESA

PANGANDARAN-Program Dana Desa (DD) sebagai tolak ukur untuk pembangunan desa begitu sangat diharapkan demi terwujudnya semua keinginan masyarakat desa dibidang pembangunan fisik terutama pembangunan infrastruktur jalan dalam menunjang laju perekonomian desa menuju masyarakat desa yang maju dan sejahtera sesuai dengan selogan pemerintah  "Desa membangun Indonesia", tapi satu hal yang perlu digaris bawahi oleh kita semua, tidak hanya pembangunan pisik saja yang dijalankan, tapi harus seimbang.dengan pembangunan moral  masyarakatnya.

Demikian dikatakan Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Kabupaten Pangandaran,  Drs.Subarnas,SH,M.S.E saat ditemui PNews di ruang kerjanya. “Saya berharap semua desa yang ada di wilayah pemerintahan Kabupaten Pangandaran dengan adanya program Dana Desa ini yang pembagian nya sudah jelas 70% untuk pembangunan pfisik dan 30% untuk pemberdayaan masyarakat desa perlu dicanangkan pemberdayaan dalam pembinaan moral masyarakat. Jelas Subarnas. (25/05).

Lebih lanjut Subarnas menjelaskan, pembinaan moral masarakat ini sangat perlu dilakukan di desa desa, perlu diberdayakan pembinaan moral warga di setiap desa dengan melibatkan tokoh masyarakat/adat atau tokoh agama agar masyarakat terutama generasi mudan buisa terhindar dari kejahatan seksual, bahaya narkoba dan minuman keras yang sekarang sedang menjadi perhatian publik di negeri ini. “Pembangunan apa pun terlebih masalah moral sebaiknya dilakukan dari tingkat desa. “Ungkapnya lagi.

Generasi muda sebagai tulang punggung bangsa, menurut Subarnas diharapkan di masa depan mampu meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa agar lebih baik, untuk itu diperlukan pembinaan moral sedini mungkin di tingkat desa. “Apalagi kita berada di daerah wisata yang pasti banyak budaya- budaya yang datang dibawa oleh para wisatawan. “ Kata Subarnas.

Ditambahkan Subarnas, pembinaan moral ini sangat penting bagi masarakt, karena ukuran baik buruknya suatu bangsa tergantung pada moral bangsa tersebut. Kalau moral rusak, maka  ketentraman dan kehormatan bangsa akan hilang. Ia pun sangat mendukung program pendidikan berkarakter yang dicanangkan oleh Bupati Pangandaran H.Jeje Wiradinata untuk para siswa di sekolah-sekolah. “Kalau saya pendidikan moral ini diperuntukan para generasi muda di desa lewat program Dana Desa sebagai tugas pokok dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk desa yang lebih maju," Pungkas Subarnas. (AGE)

Related

berita 2390925523465153227

Posting Komentar

emo-but-icon

item