KESENIAN CALUNG SUNDA BISA JADI KHASANAH WISATA BUDAYA PANGANDARAN

PANGANDARANNEWS –Sejumlah seniman sunda merasa prihatin, pasalnya seni sunda calung saat ini mulai kurang diminati dan jarang terlihat tampil di pentas kesenian.

Seperi diungkapkan salah seorang seniman sunda, Jajang (65), menurutnya, Pemkab Pangandaran pun sudah beberapa tahun ini sangat jarang mengundang atau memberi perhatian pada seniman sunda yang ada di Pangandaran.

“Padahal calung merupakan kesenian asli milik kebudayaan orang sunda yang harus terus dikembangkan agar bisa tetap ada dan lestari, “ungkapnya.(12/1)

Seni calung, kata Jajang, mempunyai ciri khas tersendiri, para seniman calung kerap dapat menghibur masyarakat dengan suguhan tembang sunda serta banyolan yang bisa membuat gelak tawa penonton.

Mang Jajang yang kini bermukim di Desa Margacinta Kecamatan Cijulang,berharap ada dukungan pemerintah untuk dia dan rekan rekannya agar bisa tetap hidup dengan setia menggeluti budaya warisan sunda, sehingga bisa terjaga dari kepunahan. Karena dengan mudaya asli yang masih tetap terjaga ini, bisa ikut melengkapi kepariwisataan Pangandaran.

"Kami ingin seni calung bangkit dan berharap pemerintah pun ikut ngamumule seni sunda ini, “ ucapnya. (AGE)

Related

budaya 8993963296553334883

Posting Komentar

emo-but-icon

item