WARGA DESA TOBONGJAYA RAMAI-RAMAI DEKLARASIKAN BABS

TASIKNEWS-Untuk meningkatkan pola perilaku hidup masyarakat, Pemerintaha Desa Tobongjaya Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, baru-baru ini bertemapta di aula desa menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Pada deklarasi yang dihadiri Rt, Rw, LPM, Karangtaruna, PKK, kader kesehatan, posyandu, MUI, Kapolsek, Danramil dan Kepala UPT Kesehatan ini, seluruh warga Desa Tobongjaya berjanji sejak saat deklarasi ini dan seterusnya tidak akan melakukan buang air besar di sembarangan tempat juga tidak membiarkan orang lain melakukannya

“Diharapkan deklarasi ini bukan hanya seremonial saja, tapi benar-benar menjadi komitmen semua untuk tidak BABS, “ungkap Kepala Desa Tobongjaya, Dedi, dalam sambutannya.(6/11)

Dalam paparannya Kepala UPT Puskesmas Cipatujah, Tarman, menyampaikan, mudah-mudahan dengan deklarasi ini seluruh  warga berkomitmen tidak lagi melakukan buang air besar sembarangan tempat dan juga turut memiliki tanggung jawab bersama dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan memelihara kebersihan dimasing-masing wilayahnya dari perilaku BABS yang tidak hanya merugikan bagi yang melakukannya namun juga menimbulkan kerugian bagi orang lain berupa pencemaran lingkungan disekitarnya.

“Kita semua harus membiasakan diri untuk berperilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari kita, “kata Tarman.

Hal senada dikatakan Camat Cipatujah, Yaya, ia mengklaim bahwa di wilayahnya tidak tidak ada lagi warga yang melakukan BABS.

“Saya himbau pada seluruh kepala dusun maupun ketua RT untuk berkomitmen menjaga BABS di wiayahnya masing-masing, “tegas camat. (ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 1282237500805399667

Posting Komentar

emo-but-icon

item