ADANG HADARI: ”ADA 8 FUNGSI YANG PENTING DIPAHAMI SETIAP KELUARGA”

H. ADANG HADARI
PARIGI-Perubahan gaya hidup di jaman modern ini sangat cepat sekali berubah, suatu yang dipandang baik bagi kehidupan keluarga pada beberapa dekade yang lalu, belum tentu saat ini dapat diterima pada masa kekinian, apalagi jika pada era sekarang kesibukan orang tua semakin meningkat sehingga akan berdampak pada tatanan kehidupan keluarga.

Perlunya quality time pun kini mulai diabaikan, ada kesenjangan komunikasi antara orang tua dan anak karena terbatasnya sehingga waktu untuk mendengarkan keluh kesah atau problematika terutama pada anak remaja, orangtu sering tidak tanggap atau kurang peduli baik yang terjadi pada keluarga atau lingkungan sekitarnya dan itu membuat budaya gotong royong antar warga, antar masyarakat saat ini semakin luntur.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari, saat memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI, yang diperingat pada tanggal 1juli 2019 lalu di lapang alun-alun Parigi.

“Ada delapan fungsi keluarga, dan saya berharap setiap keluarga memahami fungsi-fungsi ini, “ungkap Adang.

Kedelapan fungsi tersebut, kata Adang, antara lain, fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, sosial dan pendidikan, ekonomi dan fungsi lingkungan.

semua ini, kata Adang, harus dipahami karena berimplementasi pada niscaya akan tumbuh anak bangsa Indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji apalagi dalam situasi dan kondisi yang serba digital dan transparan saat lni.

Pada peringatan Harganas, lanjut Adang, sangat tepat untuk dijadikan momentum pemacu bagi keluarga untuk terus-menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas. Alangkah indahnya dalam satu keluarga melakukan aktivitas keluarga dengan nuans kebersamaan.

“Bagi kita yang beragama Islam, menjalankan sholat, mengaji dilanjutkan makan malam, belajar atau berdiskusi antar anggota keluarga, yang diharapkan dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antara anggota keluarga yang akan mewujudkan terciptanya ketahanan keluarga. “pungkasnya. (PNews)





Related

berita 7113897436086869306

Posting Komentar

emo-but-icon

item