SITU CISAMPING BATUKARAS DAN MITOSNYA

CIJULANG - Pesona alam Situ Cisamping di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran begitu asri dengan air danaunya yang bening dihiasi rimbun pepohonan begitu memanjakan para pengunjung yang datang untuk beristirahat dalam suasana alam yang sejuk diiringi dengan semilir angin bisa membuat betah untuk berlama lama dan refreshing setelah  bergelut dengan rutinitas dan kesibukan pekerjaan.

Selain kesejukan dan keindahannya,  Cisamping pun konon menurut cerita masyarakat sekitar, tidak pernah kering walau pada musim kemarau panjang. Seperti yang pernah terjadi sekitar tahun 80 an, saat itu kemarau hingga 9 bulan, tapi debet air Situ Cisamping tetap seperti biasa, hingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat Batukaras karena sumur-sumur warga sudah kering semua akibat kemarau panjang.

Salah seorang tokoh batukaras, Abah Ija (80), membenarkan, bahkan ia pun pernah ikut bersama warga untuk mengambil air dari danau tersebut.

Dibalik segala pesona keindahan yang ditawarkan Situ Cisamping dan manfaatnya untuk kehidupan, menurut Bah Ija, ada cerita yang tersebar turun temurun di masyarakat, kenapa dinamai Cisamping.

Seperti yang diceritakan Abah Ija, Cisamping ternyata merupakan salah satu bekas perjalanan Dalem Sembah Agung  dalam pencarian putranya Rangga Carita yang lebih dikenal dengan nama Sulton Muradi.

Konon, saat itu Dalem Sembah Agung menemukan samping (kain) yang digunakan bungkus anaknya yang hilang dari ayunan saat berada di wilayah Sandaan Rangga carita waktu itu masih bayi, maka danau tersebut pun dinamai situ (danau) Cisamping.

Selain cerita tersebut, Abah Ija juga mengatakan, bahwa Situ Cisamping menurut penerawangan batinnya merupakan kerjaaan dari segala jenis siluman di alam gaib.

 “Ada siluman si gundul dan si pocol, diantara kedua siluman tersebut yang sering jahil adalah siluman si gundul. “Terang Bah Ija.

Abah Ija berpesan, setelah dibangun menjadi obyek wisata, para pengunjung yang datang tidak boleh sombong, tidak sopan dan bicara sembarangan agar  nantinya Situ Cisamping bisa menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Kalau sudah rame, nantinya masyarakat pun bisa ikut usaha di sana. “Ujar bah Ija. (AGE)




Related

Wisata 4478220274598365750

Posting Komentar

emo-but-icon

item