Hingga Hari Ini Tercatat, 3800 Pengunjung Dari 20 Negara Akan Ikuti Pan Asia Has ke 18 di Pangandaran

PANGANDARANNEWS.COM - Pan Asia Has merupakan event lari atau jalan santai yang dilakukan sebuah komunitas non-kompetitif diselenggarakan dengan tujuan untuk mencari kesenangan dan bersosialiasi antar anggota komunitas hash lainnya. Terakhir Pan Asia Hash ke-17 diselenggarakan di Zhangjiajie China pada tahun 2019 dan sempat terhenti di tahun 2020 dan 2021 karena pandemi covid-10.

Dan pada tahun 2022 ini Kabupaten Pangandaran terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pan Asia Hash Ke-18 yang akan dilaksanakan tanggal 7-9 Oktober 2022, dan penyelenggaraannya masuk ke dalam rangkaian hari Milangkala (hari jadi) Kabupaten Pangandaran ke-10. 

Event Pan Asia Hash akan diikuti wisatawan dari sekitar 20 negara, diantaranya yaitu China, Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, Hongkong. Taiwan, Jepang dan beberapa negara lainnya. Sementara sampai saat ini sudah tercatat sekitar 3800 orang peserta, dan jumlah peserta ini diperkirakan akan bertambah karena masih banyak yang berminat mengikuti kegiatan ini.

Seperti disampaikan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata usai mengikuti rapat kordinasi persiapan Pan Asia Hash bertempat di villa Allure di kawasan pantai barat, sebagai tuan rumah, kata bupati, tentu Pemkab Pangandaran saat terus melakukan persiapan-persiapan agar ribuan peserta Pan Asia Hash yang hadir dari beberapa negara ini bisa berkesan baik.

Bupati menjelaskan, dalam even ini seluruh tamu akan merasa happy saat berjalan atau lari baik dalam jarak tempuh yang pendek atau jauh sambil menikmati suguhan alam yang menjadi lintasan kegiatan.

“Selain disuguhi aneka kuliner khas Pangandaran, pada malam harinya mereka juga akan disuguhi kreasi seni budaya lokal kita, “ungkap bupati.(28/09)

Bupati juga menyebut pihaknya akan menampilkan juga sejumlah poduk dari asli buatan dari kelompok Usaha Menegah Kecil dan Mikro (UMKM) Pangandaran, seperti kain bordir yang dipasarkan langsung di Pangandaran karena para peserta Pan Asia Hash tidak akan mengunjungi kota-kota lain. Dan ini tentu akan menjadikan sebuah pasar bordir Pangandaran, karena dipasarkan langsung kepada buyer yang nota bene dari luar negeri.

Disoal adanya investor dari peserta Pan Asia Hash, bupati mengatakan, tentu ini akan menjadi peluang besar baik bagi dunia pariwisata sendiri atau pun untuk memasarkan produk unggulan dari Pangandaran. Dan even Pan Asia Hash bisa dijadikan ajang promosi karena mereka yang datang dari berbagai negara, yang tentunya setelah pulang mereka akan mengenalkan baik alam, budaya, makanan, produk atau hal positif lainnya tentang Pangandaran.

“Dan karena waktunya hampi bersamaan dengan Hari Jadi Kabupaten Pangandaran, maka kegiatan Pan Asia Hash Ke-18 ini didesain sedemikian rupa untuk disatukan dengan milangkala ke 10 Kabupaten Pangandaran, “jelasnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pangandaran, Kusdiana, menambahkan, seluruh sarana dan prasarana untuk even Pan Asia Hash ini terus disempurnakan agar pada waktu penyelenggaraannya nanti bisa sukses.

Selain komunitas peserta Pan Asia Hash, kata Kusdiana, acara ini juga akan dihadiri dari Kementerian Pariwisata, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan 10 orang perwakilan dari Priangan Timur.

Kusdianan juga mengatakan, agar even ini bisa sukses saya juga akan melibatkan langsung SKPD dan para camat.

“Sementara untuk perijinan sampai saat ini masih dalam proses karena ijinnya harus dari Mabes Polri langsung, “terangnya. (PNews)



Related

berita 2537356194612205057

Posting Komentar

emo-but-icon

item