Dalam Membantu Para Petani Pangandaran Paling Sering Terima Bantuan Pupuk Cair Dibanding Kabupaten Lainnya

PANGANDARANNEWS.COM  - Pemerintah harus hadir untuk memajukan kesejahteraan masyarakat termasuk, para petani dan permasalahannya.

Seperti disampaikan Wakil Bupati Pangandaran, Ujang Endin Indrawan beberapa hari lalu saat menghadiri acara serah terima Pupuk Hayati Cair (PHC) bantuan pemerintah melalui APBN Tahun Anggaran 2022 secara simbolis bersama para petani bertempat di Gedung Balai Benih di Desa Wonoharjo. (21/09)

Ia bersukur karena tahun ini Kabupaten Pangandaran mendapatkan bantuan pupuk dari pemerintah pusat dan terkait pupuk pengelolaanya memang menjadi kewenangan pemerintah pusat, dan pemerintah daerah hanya mengusulkan. Jadi untuk alokasi pupuk pemda hanya mengusulkan, yang menetapkan dan mengesahkan adalah pemerintah pusat sehingga ke depan Pemkab Pangandaran pun masih tetap akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi.

Wabup juga pun berpesan kepada Dinas Pertanian untuk terus berupaya mensejahterakan para petani serta sigap menangkap sinyal baik dari Provinsi mau pu pusat.

“Untuk itu Dinas Pertanian harus pintar-pintar melakukan pendekatan, komunikasi, dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat ”tuturnya. 

Dalam acara serah terima bantuan pupuk yang turut dihadiri Sekretaris Camat Pangandaran, Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pertanian, Kelompok Tani dari 10 kecamatan yang ada di Pangandaran serta Para Penyuluh pertanian dari masing-masing kecamatan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Sutriaman, A,Pi menyampaikan, bantuan pupuk cair dari pemerintah pusat ini berjumlah 30.000 liter pupuk untuk 297 kelompok tani. 

Pembangunan pertanian di Kabupaten Pangandaran, kata Sutriaman, ini didasari pada program dalam bentuk jangka pendek dan tidak terlepas pada program Panca Usaha Tani,

 “Kami ingin berupaya untuk selalu memenuhi kebutuhan para petani terutama yang ada di dalam panca usaha tani yaitu pengolahan lahan yang baik, penggunaan bibit unggul, pemupukan yang tepat, pengendalian hama, dan pengairan atau irigasi, “tutur Sutriaman 

Sementara Perwakilan PT Green Life Biosciences, Arifin mengatakan, Kabupaten Pangandaran merupakan daerah yang paling banyak mendapatkan bantuan pupuk cair jika disbanding dengan Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya. 

"Mudah-mudahan bantuan ini menjadi pemicu, membawa berkah serta menjadi upaya untuk kesejahteraan petani di Pangandaran, "ucapnya. (PNews)


Related

berita 5622814027988785456

Posting Komentar

emo-but-icon

item