GELAR SILATURAHMI BUDAYA - PASTAPA NUSANTARA, NGAGUAR UGA GALUH PAKUAN PAJAJARAN

CIJULANG - Dalam rangka mengembangkan budaya tanah leluhur tatar pasundan, beberapa tokoh budayawan mendirikan Paguyuban Spiritualis Tatar Pasundan (Pastapa) Nusantara, dengan ketua R.Hj. Sonnia Suma Dikarta ( pituin Cijulang) sebagai pupuhu agung dan Irjen.pol.Anton Charliyan ( Kapolda Jabar ), pituin Sukapura ditunjuk jadi Pembina.

Menurut Sonnia, tujuan utama dibentuk Pastapa Nusantara, untuk melestarikan budaya leluhur daerah Jawa Barat, dikarenakan selama ini dikhawatirkan kebudayaan tersebut akan terjadi pergeseran atau malah punah karena dampak dari merebaknya ideologi modernisasi dan budaya asing yang buisa mengakibatjkan masyarakat melupakan sejarah leluhurnya. Banyaknya ragam budaya khususnya di Jawa Barat ini dinilai harus bisa dikembangkan dan dirawat agar bisa mencerminkan watak dan karakter asli tatar Pasundan.

"Seiring berkembangnya kemajuan tekhnologi saat ini, kita pun harus bisa menjaga keutuhan dan melestarikan budaya sebagai ujung tombak dalam kemajuan daerah khususnya Jawa Barat atau yang biasa kita sebut Galuh Pakuan Pajajaran", jelasnya.(3/12).

Pastapa Nusantara sendiri, menueurt Sonnia,  memiliki niat untuk membangun kembali kebudayaan leluhur yang saat ini mulai terlupakan, karena mungkin saja saat ini banyak pejabat yang mengutamakan budaya politik dengan tujuan hanya untuk obsesi pribadi untuk mengejar kekuasaan. 

“Padahal budaya politik tersebut sangat kecil bila dibanding dengan budaya seni leluhur kita yang berkarakter luhur sebagai cikal bakal berdirinya suatu daerah", ungkapnya.

Ditambahkan Sonnia, untuk Dayeuh Pangandaran khususnya, sebagai kota pariwisata hendaknya lebih paham pada sejarahnya sendiri dan sekaligus harus bisa melestarikan budaya tersebut.

“Saya yakin, setiap kecamatan di pangandaran pasti memiliki budaya leluhur masing masing, dan itu jangan sampai kita lupakan, “ tambahnya.

Sonnia pun berharap, masyarakat dayeuh Pangandaran hendaknya tetap memiliki karakter budaya sendiuri.

Insyaalloh, tanggal 14, 15 Januari mendatang kami bersama rengrengan Pastapa Nusantara akan melaksanakan  silaturahmi dalam rangka ngaguar uga galuh pakuan pajajaran bertempat di padepokan Pasulukan loka Sumadikarta di Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang. ”pungkasnya ( AGE).

Related

budaya 6981967287677511859

Posting Komentar

emo-but-icon

item