PERINGATAN HARI AIDS SEDUNIA 1 DESEMBER, AHF – MATAHATI GELAR SOSIALISASI, MENGAPA DETEKSI DINI TES HIV PENTING ?

PANGANDARAN-Masih dalam rangka Hari Peringatan AIDS sedunia yang jatuh tanggal 1 desember, Matahati foundation Jawa Barat dan Healthcare Foundation (AHF) menggelar sosialisasi pentingnya deteksi dini virus HIV AIDS.(7/12).

Acara yang didelar di bunderan Mesjid Agung Pangandaran dan dilanjutkan di sebuah mini market di pantai barat pangandaran, juga dihadiri Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Yadi Sukmayadi, S.Kep, Kepala UPTD Kesehatan Kecamatan Pangandaran, dr. Karang Ariadi, Dosen Fakultas Keperawatan UNPAD, peserta sosialisasi dan sejumlah awak media.

Dalam sambutannnya Kabid P2PL, Yadi Sukmayadi menyampaikan, betapa pentinya gerakan untuk mensosialisasikan deteksi dini HIV kepada masyarakat. Karena dengan semakin gencarnya gerakan seperti ini dilakukan oleh semua elemen, maka masyarakat pun akan tahu bahaya dan cara cepat penanggulangan penyakit yang disebabkan virus HIV ini.

“Dengan gerakan seperti ini, diharapkan nantinya ada kesadaran sendiri untuk segera memeriksakan diri jika memang terindikasi HIV. “ungkap yadi.(7/12).

Ditambahjan Yadi, sementara ini Pemkab Pangandaran sekarang sudah tersedia 4 Puskesmnas yang sudah mengikuti pelatihan cara-cara penanggulangan HIV, seperti Puskesmas Pangandaran, Parigi, Cigugur dan Puskesmas Cimerak. Dan labkesda pangandaran pun sekarang  sudah mempunyai alat baru untuk tes HIV sebelum nantinya diteruskan pemerikasaan selanjutnya.

“Sudah ada 3 orang yang meninggal dan 3 balita terditeksi HIV di Kabupaten Pangandaran. “Terangnya.

Sementara dosen Keperawatan UNPAD, Usman, lebih menekankan agar masyarakat terbiasa dengan pola hidup sehat dimulai dari rumah dan lingkungan sekitar tempat tinggal.

“Menurut sebuah penelitian, ibu menyusui yang terjangkit HIV tidak akan menularkan HIV ke bayinya. “jelas Usman.

Sementara Ketua Yayasan Matahati mengatakan, sekarang sangat sulit mendeteksi HIV. Karena penyakit tersebut baru akan diketahui saat orang tersebut dengan kesadaran sendiri melakukan tes HIV.

Ia menambahkan, sekarang virus HIV tidak lagi didominasi kehidupan kota atau pun tempat-tempat keramaian lainnya, tapi virus HIV sekarang sudah merambah ke pedesaan.

“Jadi, kita jangan bosan untuk menyampaikan betapa pentingnya diteksi dini penularan HIV. “tegasnya. (hiek)

Related

berita 2088670685856286648

Posting Komentar

emo-but-icon

item