SUGUHKAN RASA KECINTAAN PADA BUDAYA, DISDIKPORA PANGANDARAN GELAR SENI IBING RONGGENG

PANGANDARAN-Merawat serta menumbuhkembangkan kesenian daerah dan budaya yang menjadi kearifan lokal bukan hanya tanggungjawab  para pelaku budaya, tapi ia menjadi tanggungjawab semua untuk bersama-sama menjaga agar bagaimana budaya lokal ini terus ada hingga lintas generasi.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Pangandaran, H. Surman, saat ditemui PNews dalam kegiatan Pagelaran Seni Ibing Ronggeng, dalam rangkaian acara menyambut Hari Jadi Kabupaten Pangandaran ke 7, di halaman kantor Disdikpora, tadi malam.(23/10)

Menurut Surman, mencintai serta apresiasi seni budaya harus ditanamkan sejak usia dini, baik itu melalui pendidikan formal atau di sanggar-snggar kesenian yang ada di daerah masing-masing.

“Sama dengan yang lainnya, kami sebagai pengelola dunia pendidikan pun mempunyai tanggungjawab yang sama untuk menanamkan nilai-nilai seni pada siswa, “ungkapnya.

Kecintaan pada seni budaya, lanjutnya, bisa menjadi benteng pertahanan moral anak saat derasnya budaya asing masuk, apalagi di era digital ini bisa dengan sangat mudah budaya tersebut masuk di lingkungan anak jika dalam jiwanya.

Anak-anak yang hidup pada jaman milenial ini tetap akan terjaga etika, moral dan karakternya jika saja dalam jiwanya ada kecintaan pada budaya serta hidup pada kearifan lokal yang hakiki.

Surman mengatakan, melalui lomba kesenian ronggeng yang diikuti siswa SLTP pada acara Ngaruat Jagat Sila Saamparan, di obyek wisata Batuhiu pada beberapa waktu lalu, ini merupakan salah satu media untuk menanamkan nilai dan kecintaan si anak pada budaya sendiri.

Surman juga mengatakan, dan kegiatan Pagelaran Seni Ibing Ronggeng kali ini pun sama, bahkan bukan hanya siswa saja, tapi seluruh pemangku pendidikan, guru dan kepala sekolah dari 10 korwil pun harus bisa tampil bukan hanya bisa mengajarkan saja.

“Nah apakah murid atau gurunya yang bisa tampil lebih baik, kalau muridnya bisa tampil lebih bagus berarti para guru sudah berhasil memberikan ilmunya pada para siswa, “pungkasnya. (PNews)


Related

Pendidikan 6183905750316827997

Posting Komentar

emo-but-icon

item