PERINGATI HUT TNI KE 74, AL LANAL BANDUNG AJAK PEMDA DAN MASYARAKAT PANGANDARAN TANAM MANGROVE

PARIGI-Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 74 tahun 2019, Angkatan Laut (AL) menggelar karya bhakti penanaman pohon mangrove serentak di seluruh Indonesia, dan tahun ini dengan mengambil tema “Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita",

Demikian halnya Pangkalan Laut (Lanal) Bandung bekerja sama dengan Pemkab Pangandaran, yang diikikuti sekitar 400 orang terdiri dari anggota TNI Angkatan Laut, pejabat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pangandaran, Ketua dan anggota DPRD, nelayan, pelajar dan masyarakat umum lainnya, melakukan penanaman mangrove yang berlokasi di pantai Bjongsalawe Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi.(7/10)

Hadir dalam kesempatan tersebut, Danlanal Bandung,Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin SH, Bupati  Pangandaran, H. Jeje Wiradinata,-Wakil Bupati H. Adang Hadari,Ketua DPRD Pangandaran, Asep Noordin MM,,Wakil Ketua I DPRD, M. Taufiq, ketua komisi II, H. Endang Hidayat, Kantor Cabang DKP Wilayah Selatan Provinsi Jawa barat, Kepala UPTD PSDKP Wilayah Selatan. Kepala BPDASHL Cimanuk-Citanduy,Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pangandaran, Rida Nirwana Kristiana, S.Sos., M.Si,-Kasat Pol PP, Drs. Irwansyah S.Sos,KBO patPol Air Polres Ciamis. Ipda Anang Tri Sodikin, SH, Syahbandar Pangandaran, Kepala Pelabuhan Perikanan Cikidang, Camat Parigi,Kepala SMA N 1 Parigi, Kepala Kwarcab Pangandaran, Plt Kepala Desa Karangjaladri,Ketua Pokwasmas Parigi dan Ketu BRukun Nelayan (RN) Bojongsalawe Parigi.

Dalam sambutannya, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, menyampaikan, menurut hasil dari berbagai penelitian, hutan mangrove mampu menyerap emisi karbon sebesar 4-5 kali lebih besar dari pada hutan daratan.

Dengan demikian, kata bupati, keberadaan hutan mangrove sangat mendukung upaya penurunan emisi gas rumah kaca sebanyak 26%, karena penanaman mangrove juga sangat berfungsi untuk menjaga keindahan alam sekaligus memperindah pantai yang berada di sekelilingnya.

"Alam yang senantiasa berkomitmen menjaga kita, sudah sepantasnya juga kita harus menjaga kelestariannya, salah satunya dengan menanam sejuta pohon mangrove ini, “kata bupati.

Masih di tempat yang sama, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bandung, Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin, S.H, mengatakan, tujuan dari kegiatan penanaman mangrove ini disamping untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dan  masyarakat  juga untuk memupuk kerjasama antara Pangkala Laut (Lanal), pemerintah daerah, Dinas Lingkungan Hidup dan seluruh masyarakat.

Sunar menambahkan, penanaman mangrove ini juga selain berfungsi untuk menahan abrasi daerah pantai yang diakibatkan gelombang laut juga untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang indah dan asri.

“Dan kegiatan penanaman mangrove ini serentak dilaksanakan tentunya masih dalam rangka rangkaian HUT TNI ke 74 tahun ini. “ungkapnya. (PNews)

Related

berita 7868545609359009597

Posting Komentar

emo-but-icon

item