KUNJUNGAN WISATAWAN LIBUR IDUL FITRI KE PANGANDARAN TAHUN INI ALAMI PENURUNAN

Menurut beberapa pelaku usaha wisata di Pangandaran, tingkat kunjungan wisatawan pada liburan hari raya Idul Fitri tahun ini terjadi penurunan jika dibanding liburan yang sama pada tahun lalu.
Beberapa pedagang atau usaha lainnya mengeluh, seperti diungkapkan seorang pengusaha wahana permainan air di pantai timur, Iwan, setelah terjadi sepi pengunjung pada musim libur tahun baru lalu karena ada dampak dari kejadian tsunami yang terjadi di selat sunda, ia berharap bisa terobati dengan datangnya libran Idul Fitri, tapi sayang kunjungan wisatawan kali ini ternyata menurun jika dibanding arus wisatawan lebaran tahun lalu.

“Mungkin karena masa liburan sekolah yang panjang sehingga wisatawan yang datang pun tidak sekaligus atau entah pengaruh lain, “ungkapnya.(15/6)

Iwan mengaku, penghasilan yang didapat dari usahanya selama liburan lebaran sekarang pun menurun hingga 20-30 %.

Hal senada dikatakan warga Desa Wonoharjo pemilik restoran yang menyajikan sea food di kawasan pantai barat, Edi (50), ia mengaku, omzet penjualan lebaran tahun ini memang ada penurunan jika dibandingkan tahun lalu.

Edi juga mengeluhkan, banyaknya pedagang sejenis dadakan yang menjual dagangannya dengan harga mahal, sehingga pengunjung pun memilih makanan lain.

“Mereka datang ke Pangandaran biasanya saat musim ramai saja, seperti libur lebaran dan tahun baru, “ungkapnya.

Edi berharap ada ketegasan pemerintah daerah agar bisa mentertibkan pedagang dadakan tersebut, sehingga pedagang tetap yang biasa jualan walau saat pangandaran sepi bisa merasakan marema ketika kunjungan wisatawan ke Pangandaran ramai.

Sementara saat dihubungi lewat telepon celullernya, Kepala Bagian Ekonomi Setda Pangandaran, Dadan Sugistha, ST, mengatakan, target pendapatan Penghasilan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata tahun 2019, sebesar Rp. 28, 5 milyar, hingga pertengahan bulan juni ini sudah tecapai sekitar Rp.3.8 milyar (25,90%).

“Dengan estimasi jumlah kunjungan sebanyak 1,5 juta lebih wisatawan, “terangnya.

Dadan juga menyampaikan capaian PAD di masing-masing obyek wisata pada liburan lebaran tahun ini yang tercatat daritanggal 5 juni hingga 20 juni 2019, antara lain, Green Canyon, sebesar Rp.54.325 juta (10.865 wisatawan), Pantai Pangandaran, Rp.2.245 milyar (448.939 wisatawan), pantai Batukaras, Rp. 498.515 juta (99.703 wisatawan), pantai Karapyak, Rp. 166.732 juta (47.368 wisatawan) dan pantai Batuhiu, Rp. 145.395 juta (29.079 wisatawan) 

Insaalloh, mudah-mudahan target 5 juta kunjungan wisatawan pada tahun 2019 ini tercapa. “ungkapnya. (PNews)


Related

Wisata 6614245283311400205

Posting Komentar

emo-but-icon

item