PETANI CIKUPA MAJU BERSAMA GAPOKTAN PADASETIA

TASIK NEWS-Untuk penguatan kelompok tani (poktan) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, telah demikian banyak dibentuk, namun cukup sulit saat ini untuk menemukan kelompok tani yang bisa terus aktif dan produktip.

Demikian dikatakan ketua Gapoktan Padasetia Dusun Cikaret  Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, H. Karwan, dalam acara penyerahan bantuan benih dan laporan keuangan kelompoknya.(2/5)

Dengan bantuan benih seberat 625 kg yang diterima 37 anggota poktan Padasetia, kata Karwan, diharapkan perekonomian masyarakat pedesaan, khususnya petani Desa Cikupa  mampu tumbuh dan berkembang.

Dikatakan Karwan, dengan bantuan ini juga diharapkan seluruh anggota bisa meningkatkan usaha tani, sehingga tujuan poktan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani pun bisa tercapai.

“Dalam pengelolaan aset kelompok pun kami lakukan secara transpan.”ungkap Karwan.

Karwan menambahkan, petani memiliki peran dan fungsi yang penting dalam menggerakkan pembangunan pertanian, dan penguatan kelembagaan perlu dilakukan melalui beberapa upaya, antara lain; mendorong dan membimbing petani agar mampu bekerjasama di bidang ekonomi secara berkelompok, menumbuhkembangkan kelompok tani melalui peningkatan fasilitasi bantuan dan akses permodalan, peningkatan posisi tawar, peningkatan fasilitasi, pembinaan kepada organisasi kelompok dan peningkatan efisiensi serta efektivitas usaha tani.

Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) petani pun yang dilakukan melalui berbagai kegiatan pendampingan dan latihan, kata Karwan, harus dirancang secara khusus bagi seluruh pengurus dan anggota kelompok.

“Secara teknis upaya penguatan kelompok tani ini dilakukan oleh Penyuluh Pertanian, namun meskipun demikian pendampingan pembinaan kelompok tani lainnya yang dipandang mampu juga harus dilibatkan dalam penguatan poktan. “tegasnya lagi. (ANWAR WALUYO)

Related

TASIK NEWS 1920100594052903506

Posting Komentar

emo-but-icon

item