TURUNNYA KUNJUNGAN WISATAWAN KE PANGANDARN DIKELUHKAN PEDAGANG JAMBAL ROTI

PANGANDARAN-Asin Jambal Roti merupakan salah satu oleh-oleh khas Pangandaran yang sudah dikenal dengan cita rasanya yang gurih, asin jenis ini kerap jadi buruan para wisatawan dari berbagai kota.

Menurut salah seorang pengrajin sekaligus penjual, Yadi, selain jambal roti ikan asin seperti ikan gabus, teri, gabel, selar dan layur, juga banyak diminati pembeli.

Yadi menuturkan, pembuatan ikan asin dilalaui dengan beberapa tahapan, khusus untuk pengolahan asin jambal roti yang berbahan dasar ikan Kedukang, dimulai dengan proses merendam ke dalam air yang sudah diberi garam secukupnya selama 3 hari, lalu dicuci dan dijumur di bawah sinar matahari.

“Dari mulai pembelian ikan segar hingga proses menjadi ikan asin saya kerjakan sendiri. “ungkapnya.(3/3)

Yadi, salah satu pemilik kios asin di obyek wisata patai Pangandaran, mengatakan, entah kenapa belakangan ini omzet penjualan menurun drastis. Padahal sebelum tahun baru lalu, ia bisa dalam sepekan ia mampu membuat 1-2 kuwintal ikan kadukang.

“Sekarang dalam tiga bulan ini saya baru mengolah satu kali saja. “ungkapnya.

Yadi pun berharap, mungkin ke depan atau setelah pemilu nanti hasil penjualannya bisa normal kembali, karena hampir semua rekan-rekan pedagang lainnya pun mengeluhkan hal yang sama.

“Saya berharap Pangandaran akan semakin banyak dikunjungi wisatawan dan tentunya geliat ekonomi kuliner pun akan ramai kembali. “ujarnya. (HARIS FIRDAUS)

Related

berita 7720542812177552797

Posting Komentar

emo-but-icon

item