BUMDES GUNA BAKTI BERDAYAKAN PEREKONOMIAN DESA EUREUNPALAY

TASIK NEWS-Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (bumdes), saat ini sangat dibutuhkan sekali, karena keberadaanya sanggup mengangkat perekonomian warga di pedesaan.

Seperti halnya keberadaan Bumdes Guna Bakti di, Desa Eureunpalay Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya. Sejak berdirinya 2 tahun lalu,  telah berhasil membuat kagum warga masyarakat terutama warga yang berlokasi di sekitar Kantor Desa Eureunpalay.

Menurut Direktur Bumdes Guna Bakti, Mulyana, keberadaan bumbes tersebut sudah memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan berbelanja keperluan sehari-hari, sehingga, kepercayaan sekirtar 5.700 warga Desa Eureunpalay cukup tinggi pada keberadaan Bumdes.

“Jika dipersentasikan, ada sekitar 35% dari jumlah masyarakat telah mengandalkan Bumdes ini untuk keperluan sehari-harinya. “ungkap Mulyana.(24/3)

Bumdes Guna Bakti awalnya berdiri pada tahun 2016, tepatnya tanggal 20 Desember 2016, dengan nama Warung Desa. Dan pada tanggal 20 November 2017 berganti nama menjadi Bumdes Guna Bakti, setelah pergantian Direktur Bumdes pada tahun sebelumnya.

Dikatakan Mulyana, pihaknya mempunyai tekad akan berjuang dengan segala daya upaya untuk terus membangun usaha desa ini.

“Kami berharap budes ini bisa memberikan kontribusi yang baik bagi perkembangan ekonomi desa ke depannya. ”imbuhnya.

dan berkat kegigihannya dalam mengelola Bumdes, kini para pegawai semakin profesional dalam berdagang dan menangani transaksi keuangan lainnya.

Mulyana juga mengatakan, jenis usaha dan transaksi-transaksi yang telah dicapai antara lain, Brilink, pembayaran Tagihan Listrik, penjualan Pulsa.

Sementara unit usaha yang kami kelola, meliputi, pertanian, perikanan, hasil bumi serta
jnis makanan dan minuman, seperti, kopi, susu, mie rebus dan makanan ringan Khas Desa Eureunpalay, sale dan Keripik.

“Saya berharap tahun depan, aset Bumdes Guna Bakti mampu untuk menambah modal usaha lainnya sesuai rencana pengembangan bumdes. “pungkasnya. (ANWAR W/UDI/ATENG)


Related

TASIK NEWS 1000502247850028791

Posting Komentar

emo-but-icon

item