WARJO SUDAH DATANGI 93 DESA, JADI UJUNG TOMBAK PENCATATAN KELAHIRAN

PANGANDARAN-Kesehariannya lebih disibukan dengan kegiatan di luar kantor untuk jemput bola melayani masyarakat yang membutuhkan akte kelahiran.

Demikian dikatakan salah seorang pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangandaran, Warjo, S.Ip, MS,i, saat bincang-bincang dengan PNews di Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak.

Warjo yang menjabat Kepala Seksi (kasi) Kelahiran, setiap hari selepas mengikuti apel pagi di kantornya, bersama dua orang operator sebagai ujung tombak pendataan dan pembuatan akte kelahiran, langsung berangkat dengan mengendarai sepeda motor miliknya ke desa-desa di seluruh kecamatan. Jam kerjanya pu tidak menentu, karena tidak jarang ia harus pulang hingga larut malam bahkan pernah hingga dini hari.

“Sekarang malah langsung ke dusun-dusun agar pelayanannya bisa lebih dekat dengan masyarakat. “ujarnya.(25/2)

Menurutnya, ia bertugas memperifikasi data untuk selanjutnya dibuatkan akte kelahiran warga di setiap desa yang secara acak ia datangi, atau sesuai kesiapan desa itu sendiri mengundang masyarakatnya.

Disoal kendala apa saja selama melaksanakan tugasnya, Warjo mengaku, ia malah merasa beruntung bisa mengunjungi 93 desa yang ada di Kabupaten Pangandaran, karena tidak semua orang belum tentu bisa melakukannya.

“Dari desa yang ada di jalan protokol hingga desa yang jauh ada di pelosok, Alhamdulillah semuanya sudah saya datangi. “terangnya.

Dalam melakanakan tugasnya, Warjo mengaku, ia pun sudah tiga kali harus ganti motor karena tidak jarang harus menempuh medan yang berat dengan tanjakan tajam di pinggir hutan. Rasa capai dan lelah akan terobati saat tiba di desa yang ia kunjungi, ternyata ratusan masyarakat pun dengan antusias sudah datang ke aula desa.

“Pokoknya kalau masyarakat banyak yang datang saya juga tambah semangat, tapi ini biasanya tergantung desa sendiri dalam mensosialisasikan serta mengundang warganya. “terangnya lagi.

 Warjo mengatakan, ia merasa lega karena, sejak tahun 2017-2018 hingga bulan pebruari 2019 ini sudah 90 % akte kelahiran warga Pangandaran bisa terlayani. (PNews)

Related

berita 5514772751395854813

Posting Komentar

emo-but-icon

item