TIDAK PUAS KINERJA KEPALA DESA, SEJUMLAH WARGA JAYASARI DATANGI INSFEKTORAT

PARIGI-Karena ketidak puasan kinerja pemerintahan desa, sekelompok warga Desa Jayasari Kecamatan Langkaplancar, mendatangi Kantor Insfektorat Kabupaten Pangandaran (21/2) untuk meminta kejelasan hal tersebut.

Menurut salah seorang warga, Igi, warga sengaja datang ke insfektorat agar bisa memeriksa kepala desa terkait beberapa kegiatan yang anggarannya bersumber dari ADD, DD, Banprop dan DAK.
Menurut Igi, warga sangat kecewa karena di setiap pengerjaan proyek dari anggaran tersebut sistem pengerjaannya tidak sesuai dengan spesifikasi. 

“Untuk itu datang kesini kami meminta kepada insfektorat untuk segera turun langsung ke lokasi memeriksa hasil pengerjaan serta mengauditnya. “tegas Igi.

Dikatakan Igi, bukan hanya masalah kegiatan pengerjaan infrastruktur saja, warga pun mengindikasi ada penyimpangan anggaran desa yang lain tapi terkesan kebal hukum.

Warga sering mengadakan temu wicara dengan Kepala Desa Jayasari, Emen, tapi, lanjut Igi,  saat warga mengungkapkan kekesalan tentang kejanggalan cara kerja aparat desa, malah sebaliknya justru kepala desa yang sering marah dan mengancam.

“Apa bila saya dilaporkan hingga saya dihukum,  dan nanti setelah saya keluar dari hukuman pasti salah seorang bakal ada yang saya bunuh. “terang Igi, menirukan ucapan kepala desanya.

Menanggapi kedatangan warga tersebut, Insfektur Kabupaten Pangandaran, Drs. Apip Winayadi, kepada awak media mengatakan, dengan adanya audence ini, inspektorat merasa berterima kasih,karena bisa mengetahui ada masalah di daerah.

“Maklum perangkat kami terbatas, saya akui insfektorat balum memeriksa ke Desa Jayasari, dan tentunya dengan kejadian ini sekarang kamijadi tau, “ ungkap Apip.

Apip menambahkan, Kabupaten Pangandaran memiliki 93 desa dan berdasarkan sistem pengawasan berbasis resiko, hanya 16 desa yang telah diperiksa, diantaranya desa yang kepala desanya seorang penjabat.

Jadi, kata Apip,  sisanya walau belum diperiksa tetap disitu masih ada resiko karena tiap tahun anggaran desa tambah besar.

“Intinya kami merasa terbantu apabila ada masarakat yang ikut mengontrol dan melaporkannya, dan Insya Alloh bulan depan Desa Jayasari akan segera kami periksa, “ pungkas Apip. (ANTON AS)


Related

berita 7128697044419828415

Posting Komentar

emo-but-icon

item