WARGA DESA MEKARJAYA KINI BISA NIKMATI AIR BERSIH PAMSIMAS

TASIK NEWS-Sejumlah warga di Desa Mekarjaya Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya kini dapat menikmati pelayanan air minum sehat dan bersih dari  Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada masyarakat yang selama kurang terlayani. Diharapkan dengan PAMSIMAS masyarakat dapat penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

Salah satu Pamsimas yang berlokasi di kedusunan Sembahdayun ke depannya akan dikelola Kelompok kesewadayaan masyarakat (KKM) Banyu Kencana, dengan sumber air memanfaatkan Situ Cikondang.

Sepertti diungkapkan Kaur Desa Mekarjaya, Arif Hidayat, antusias masyarakat pada Pamsimas ini cukup tinggi dengan ikut bergotong royong membangunnya.

Dan yang membuat bangga, kata Arif, hasil pemeriksaan pihak yang berkofeten, dari segi fisik Desa Mekarjaya masuk rangking dari 22 Desa penerima pamsimas dengan 7 Kran Umum yang diperuntukan untuk sambungan rumah. “tutur Arif.
“Volume air situ Cikondang sangat melimpah dan sepengetahuan selama musim kemarau pun belum pernah mengering ", ungkap Arif saat ditemui PNews di rumah. (2/01-19)

Untuk sementara, lanjut Arif, karena terkendala medan diperkirakan warga yang bisa menikmati sarana air minum hanya  di RT saja, diantaranya Depok, Ganok, Citalaga dan Rt  Gentong, pasalnya saat ini harus disesuaikan dengan jalur, jatah pipa, medan serta mengukur ketinggian bak penampungan air dan rumah warga.

“Namun dengan melihat volume air dari situ Cikondang yang melimpah saya optimis nantinya seluruh Rt bisa menikmatinya, dan mudah-mudahan target kedepan satu kedusunan bisa menikmati air bersih " pungkas arif. (RUSDIYANTO)

Related

TASIK NEWS 8165446752582475854

Posting Komentar

emo-but-icon

item