GELIAT DESA CUKUPA LEWAT SEKTOR WISATA DAN PRODUK UNGGULAN KAMPUNG BAMBU

TASIK NEWS-Menggali potensi yang ada di pedesaan mungkin tidak akan pernah habis jika masyarakat dan pemerintahan desa setempat bersama-sama betul-betul bisa memanfaatkan baik sumber daya alam (SDA) atau pun Sunber Daya anusia (SDM) yang ada.

Seperti yang dilakukan masyarakat dan Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya. Dengan semangat kebersamaan terus menggenjot baik pada sektor wisata atau ekonomi kreatif warga yang bisa terus dioptimalkan hingga menjadi andalan pendapatan masyarakat. Salah satunya dengan kegiatan Capturing Dalam Program Inovasi Desa sebagai Kampung Bambu.

Menurut Kepala Desa Cikupa, Yudha Heryadi yang didampingi Ketua TPID, Apip, , Pendamping Desa, Suryana, Endah dan sejumlah muda-mudi yang tergabung dalam komunitas Kaliber (Kalapaciung Lingkungan Bersatu). kini pemerintahan desa bersama masyarakat sedang menggenjot potensi wisata yang ada di desa.

“Kami melibatkan langsung masyarakat pada kegiatan ini. “ungkap Yudha.(7/1/19)

Masih kata Yudha, Program Inovasi Desa merupakan pendampingan yang dilakukan untuk mendorong pemanfaatan dana desa lebih berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, dan program ini yang baru berjalan selama dua tahun ini  diinisiasi Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyrakat Desa (PPMD).

Yudha juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setingi-tingginya pada seluruh eleen masayarakat Desa Cikupa yang telah bersinergi baik dengan pemdes untuk memajukan destinasi wisata melalui Kampung Bambu ini sebagai Program Inovasi Desa.

“Capturing Dalam Program Inovasi Desa merupakan salah satu langkah dalam proses penangkapan pengetahuan inovatif untuk menghasilkan dokumen pembelajaran bagi masyarakat. “kata Yudha lagi.

Sementara Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Karangnunggal, Apip, berharap dengan adanya Inovasi desa ini kedepannya potensi produk unggulan yang ada di galeri Kampung Bambu ini mendapatkan perhatian dan pemasaran dari Pemda, sehingga pada ujungnya dari semua kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan.

Kerajinan Bambu Cikupa, kata Apip, bisa menjadi produk andalan dan menjadi salah satu program unggulan inovasi desa serta bisa menjadi motivasi  desa-desa lainnya.

“Mari kita kembangkan potensi  yang ada di Desa Cikupa, sehingga bisa menjadi  desa percontohan. (ANWAR W-UDI R)

Related

TASIK NEWS 5027524061420503165

Posting Komentar

emo-but-icon

item