ASAL-USUL NAMA DESA PARUNG DI KECAMATAN CIBALONG

TASIK NEWS-Desa Parung adalah sebuah desa di Kecamatan Cibalong yang terletak di kaki perbukitan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan hamparan sawah yang dibatasi sungai Ciwulan dengan.

Menurut sumber cerita dari mulut ke mulut, konon Desa Parung  berdiri sekitar tahun 1672 masehi dengan nama Umbul Parung dan dahulunya bukan merupakan suatu daerah pemerintahan.

Nama Umbul Parung, menurut beberapa tokoh masyarakat, diambil berdasarkan babad cerita bahwa Umbul adalah sebutan atau istilah pada sekelompok orang yang mendiami suatu wilayah yang terdiri dari beberapa kepala keluarga dengan maksud utamanya pada waktu itu untuk membuka lahan pertanian.

“Karena semakin lama semakin banyak yang mengikuti jadilah suatu kumpulan perkampungan. “kisahnya.

Sedangkan nama Parung sendiri, katanya, diambil dari nama pembuka wilayah Parung yang konon menurut cerita adalah seorang tokoh yang sakti mandraguna serta teguh pendiriannya dalam membela hak dan sanggup mempertaruhkan jiwa dan raganya dalam membela kebenaran sehingga karena keharumannya nama Parung pun melekat hingga kini menjadi nama desa. (ANWAR W)

Related

TASIK NEWS 2293367216804891884

Posting Komentar

emo-but-icon

item