7 BUDI UTAMA, MOTTO KERJA DESA PARAKANMANGGU

PARIGI-Sejatinya pemerintahan desa harus mampu memberi pelayanan yang terbaik pada warga, apa yang menjadi keinginan dan harapan warga harus bisa direspon cepat. Dan semuanya itu harus dikerjakan dengan ikhlas, beretika dan penuh rasa tanggungjawab.

Demikian disampaikan Kepala Desa Parakanmanggu Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Suryo, saat diminta tanggapannya terkait tupoksi kepala dan perangkat Desa Parakanmanggu.

“Jangan sekali-kali kita ingin dilayani, tapi sebaliknya kita-lah yang harus melayani siapa saja yang datang ke desa. “ungkap Suryo.(17/12)

Dikatakan Suryo, paling tidak ada 7 motto yang menjadi pegangan kerja yang terangkum dalam 7 Budi Utama.
Pertama, harus jujur dalam bekerja karena jujur akan mencerminkan adanya kesesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan. Kejujuran juga dapat membawa kebenaran, kebenaran dapat mengantarkan seseorang dekat dengan yang Maha Esa.

Kedua, dalam bekerja harus disertai rasa tanggungjawab, karena tingkah laku dan perbuatan baik disengaja maupun tidak harus ada tanggungjawab moral, karena bila disana ada sebab dan akibat, artinya berani berbuat harus berani bertanggung jawab.

Yang ketiga, visoner, ada kemampuan untuk melihat kedepan, melebihi penglihatan orang lain melalui kata-kata yang diucapkan.

“Kita bisa mengetahui apakah seseorang itu visioner atau tidak, kita juga perlu mengenali diri sendiri untuk mengetahui apakah kita in orang visioner atau tidak. “jelas Suryo.

Keempat, dalam bekerja harus disiplin, karena perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggungjawabnya. Kedisiplinan merupakan usaha untuk menanamkan nilai atau pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk mentaati sebuah peraturan.

“Yang kelima kerjasama,  sebuah pekerjaan yang dilakukan bersama-sama dapat mencapai tujuan atau target yngg sebelumnya telah direncanakan dan disepakati secara bersama pula. “katanya lagi.

Masih kata Suryo, yang keenam Adil, dimana semua orang mendapatkan hak berdasarkan kewajibannya. Kata adil merupakan satu  sikap yang tidak memihak atau sama lainnya, tidak ada yang lebih dn tidak ada yang kurang, tidak ada pilih kasih. Adil tidak berarti harus sama tapi harus sama-sama ikut merasakan.

“Dan yang ketujuh peduli, peduli merupakan sebuah sikap keberpihakan kita untuk melibatkan diri pada persoalan, keadaan atau kondisi yang terjadi disekitar kita, orang peduli adalah mereka yg terpanggil melakukan sesuatu dlm rangka memberi inspirasi, perubahan, kebaikan kepada lingkungan disekitarnya. ”  Pungkas Suryo. (ANTON AS)

Related

Kabar Desa 4550034836761287830

Posting Komentar

emo-but-icon

item