TRI HANGGONO ACHMAD: “PANGANDARAN RUN BISA JADI KELENDER KEGIATAN UNPAD”


PANGANDARAN-Pada dasarnya kemajuan masyarakat Jawa barat, khususnya dunia pendidikan menjadi tanggungjawab Universitas Padjadjaran Bandung (Unpad), begitu juga dengan Kabupaten Pangandaran, sejak tiga tahun lalu unpad masuk, ternyata banyak potensi besar yang bisa dikembangkan disini.

Demikian disampaikan Rektor Unpad bandung, Prof. DR. MED. Tri Hanggono Achmad, kepada sejumlah awak media saat ditemui di tengah kegiatan lomba maraton Pangandaran Run di lapang Katapangdoyong kawasan pantai timur Pangandaran.(24/11)

Masih kata Tri, dan dalam proses ini tentunya semua pihak harus terlibat, seperti yang dilaksanakan hari ini, kegiatan ini murni ide anak mahasiswa disini. Dan itu membuktikan kalau bisa difasilitasi ternyata anak-anak yang ada di daerah pun mampu untuk mengembangkan kapasitas kreativitasnya.

“Ide dan kreativitas mereka sangat luar biasa dan bisa terus kita gali. “tutur Tri.

Menurut Tri, dasar penting mereka melakukan ini disamping merupakan wujud kreativitas ekspresinya serta tanggungjawab mereka yang diajarkan tentang bagaimana membangun wilayah. Karena menurut Tri,  mereka tahu pangandaran punya potensi, seperti potensi pantai, adat tradisonalnya baik budaya termasuk makanan.

“Dan itu pula yang yang menjadi dasar kenapa mereka menyelenggarakan kegiatan lomba maraton dan lainnya ini. “imbuh Tri.

Dan di universitas, kata Tri lagi, tinggal menfasilitasinya sehingga dengan tekad ini akan berlanjut dan tidak akan berhenti disini.

Tri mengatakan, ia sangat senang atas dukungan yang luar biasa dari Pemda Pangandaran, sehingga dengan kolaborasi ini baik Unpad atau pun Pemkab pangandaran optimis ke depan kegiatan  ini bisa menjadi kelender tahunan dengan pesertanya bisa lebih tingkatkan di level internasional.

“Dan potensinya bukan hanya makanan, banyak potensi lain, saya bertarget sebetulnya. “ungkapnya.

Tri berharap, kedepan jika mengadakan kegiatan lagi jangan saat week end, sebab jika pada moment itu Pangandaran ramai itu sudah biasa, seharusnya justru dilaksankan pada week day.

Tri menambahkan, Menteri Pariwisata sudah mentargetkan Pangandaran menjadai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), salah satunya karena potensi wisata.

“Dan Unpad hadir disini menghadirkan bidang ilmu untuk bisa mendorong potensi tadi. “tegasnya.

Tri juga berharap, dengan adanya rekor muri ini paling tidak ada dua asfek yang bisa diambil, pertama penghargaan terhadap ide dan kreativitas untuk mendorong potensi bangsa, kedua sebetulnya itu bisa menjadi pendorong lagi bagaimana Pangandaran branding, pindang gunung ini dibranding, sehingga bisa dikenal luas. Dan ini merupakan penghargaan sebuah kreativitas karsa karya tapi bagian juga dari memperkenalkan serta mesosialisasikan.

“Dengan adanya rekor Muri pengenalannya kan lebih luar biasa lagi, tapi kalau ga ada rekor muri dikenal lewat media juga ok. “jelas Tri.

Sementara pada kesempatan lain, dalam sambutannya Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, memberikan apresiasi pada kegiatan yang dilaksanakan PSDKU Unpad Pangandaran serta berharap kegiatan in bisa menjadi salah satu instrument untuk mempromosikan pariwisata Pangandaran.

“Anak-anak, kalian semua anak yang hebat, teruslah berkarya dan terus asah kreativitasmu. “tegas Jeje.

Jeje menambahkan, atas nama masyarakat dan Pemkab Pangandaran, ia mengucapkan terimakasih dengan segala dukungan dan kontribusi yang telah disubangkan serta iut  menumbuhkembangkan Kabupaten Pangandaran.

“Entah harus bicara apalagi saya, pa rektor ini sangat luar biasa dengan segala upaya dan sumbangsihnya untuk masyarakat Pangandaran, Pak Tri, terimakasih. “ungkap Jeje. (PNews)

Related

berita 4934022195711077655

Posting Komentar

emo-but-icon

item