KHAWATIR GARIS PANTAI TERUS TERKIKIS, WARGA BATUHIU BERHARAP SEGERA DIBANGUN TPA

PARIGI-Akibat naiknya air laut saat musim pancaroba bulan July 2018 lalu, ternyata berdampak dengan mengakibatkan mengikis bibir pantai di lokasi objek wisata  Batu Hiu dan sepanjang pantai Bojongsalawe Kecamatan Parigi kabupaten Pangandaran.

Menurut salah seorang anggota Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Batu Hiu, Rangga, abrasi ini harus segera ditangani serta membuat tembok penahan air laut (TPA), karena abrasi juga telah mengikis titik penangkaran penyu.

“Ini jelas sangat memprihatinkan, karena apa bila pada air pasang besar berikutnya benteng penangkaran penyu akan ambruk terkena terjangan ganasnya ombak samudra Hindia. “terangnya.(26/11)

Apabila pemerintah terlambat melakukan pembuatan TPA, kata Rangga, tentunya ini   akan berakibat membesarnya anggaran, karena disamping harus mengerjakan TPA juga harus dibuat benteng penangkaran penyu yang dulu dibangun dari CSR perusahaan daihatsu.

Walau di APBD memang belum ada, tapi menurut Rangga, paling tidak Pemkab Pangandaran bisa mengusahaka baik dari Pemvrop Jabar atau anggaran dari pusat.

“Kami juga meminta untuk kesejukan dan keindahan lokasi wisata, sebaiknya Dinas Lingkungan Hidup segera melakukan bersih pantai serta melakukan penghijauan di sepanjang pantai Batu Hiu hingga ke Bojong salawe, “ pungkasnya. (ANTON AS)

Related

berita 3436003672956180882

Posting Komentar

emo-but-icon

item