LUPA MEMBAWA PETAKA!!!


Oleh: Haris Firdaus *
Salah satu sifat yang melekat pada diri setiap manusia adalah lupa. Setinggi apapun pendidikannya, sesekali tetap saja akan mengalami lupa. Kadang karena banyaknya kesibukan seringkali banyak hal yang terlupakan. Apalagi jika terlalu banyak yang harus diingat, kadang lupa ini tak terhindarkan.

Kelupaan sendiri seringkali berdampak buruk. Dampaknya tergantung dari urusan yang terlupakannya itu, bahkan mungkin saja dapat membahayakanya. Misal, seorang lupa menaruh dokumen, lupa mencatat utang, lupa memenuhi janji hingga lupa mematikan api di dapur dan sebagainya.

Inilah yang dijelaskan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, "Manusia itu sering kali berbuat salah dan lupa."

Namun, ada lupa yang membuat dirinya terhina, terpuruk dan tersiksa dengan siksaan yang tiada tara. Yaitu ketika manusia sudah lupa terhadap Penciptanya.

Jika saja akibat lupa itu berekaitan dengan urusan duniawi cukup membuat tersiksa, tentunya lupa akan Penciptanya dampaknya tidak terhingga lagi. Inilah yang tertulis falan Al-Qur'an surat Al-Hasyr ayat 19:

"Dan janganlah kalian seperti orang-orang yang melupakan Allah, maka mereka akan dilupakan pula terhadap dirinya sendiri. Mereka adalah orang-orang yang fasiq."

Berawal dari lupa kemudian melupakan. Melupakan yang seharusnya tidak terlupakan yaitu mengingat Allah Yang Maha Pencipta.

"Dan siapa yang berpaling dari mengingat Aku, maka sesungguhnya ia akan mengalami penghidupan yang sempit". (QS. Thaha: 24).

Kebalikan lupa adalah ingat. Tidak melupakan berarti selalu diingat. Maka sepatutnya manusia selalu mengingat Penciptanya yaitu Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Mengingat Allah adalah dengan cara beribadah kepada-Nya, pasrah dan tunduk secara paripurna. Kepasrahan dan ketundukan seperti yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Jika saja mayoritas manusia ini tundum dan patuh kepada Allah dengan sebenarnya, maka keberkahan hiduppun akan dirasakan. Berbagai bencana dan malapetaka akan terhalangi dengan sendirinya. Maka ingatlah selalu kepada Allah.

*wartawan PNews

Related

Syiar 1837124068958803118

Posting Komentar

emo-but-icon

item