21 PENYELAMAT PANTAI IKUTI KOMPETISI BALAWISATA 2018 DI PANGANDARAN

PANGANDARAN–  Sejumlah penjaga pantai yang tergabung dalam Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) dari berbagai daerah mengikuti Kompetisi Balawista Nasional di Pantai Barat Pangandaran. (12/8)

Kompetisi yang dibuka langsung Kepla Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Drs. H. Undang Sohbarudin, juga dihadiri Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Maritim, Kementerian Maritim Republik Indonesia, Gunardi Kusuma.

Menurut ketua Balawista Pangandaran, Dodo Taryana, selain 21 peserta i berasal dari Pangandaran, Bandung Trans, Bali, Banten dan Grage Cirebon, ada dua peserta dari penyelamat pantai asal Newzerland dan Autralia yang ikut dalam kompetisi ini.

Kriteria kompetisi yang dilombakan, kata Dodo, diantaranya long swim (renang jauh), board race (balap papan), beach flag (tongkat bendera), beach sprinte (lari cepat), beach relay (lari estafet) dan tube rescue Race (balap membawa pelampung).

“Sebelum kompetisi dilakukan, kami telah melaksanakan diklat selama 1 minggu yang diikuti 64 peserta .” terang Dodo.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Maritim, Gunardi Kusuma, mengapresiasi terselenggaranya kompetisi para penyelamatan pantai yang digelar Balawista Pangandaran.

“Apalagi sektor pariwisata ini sekarang merupakan sektor unggulan di semua negara, termasuk di Indonesia,” ungkap Gunardi.

masih kata Gunardi, pariwisata merupakan salah satu yang bisa meningkatkan devisa negara, tentunya selain migas dan hasil bumi lainnya. Dan untuk peningkatan pada sektor pariwisata ini ada tiga komponen yang diperlukan, seperti, aksesibilitas, atraksi dan aminitasnya seperti gedung penginapan dan perhotelannya.

“Dan yang paling penting harus bisa memberikan kenyamanan dan keselamatan pada wisatawan, turis pun mulai dari datang sampai pulang ke rumahnya bisa aman dan selamat,” ucapnya.

Semengtara hasil kompetisi yang digelar di kawasan oantai barat Pangandaran, tahun ini dimenangkan didominasi peserta dari Pangandaran dan Bali. Seperti untuk kelas board race juara satu dan dua diraih oleh anggota Balawista Pangandaran (Riki dan Dian), juara tiga diraih Kadek A peserta dari Bali.   (AGE)

Related

berita 4594485386639241703

Posting Komentar

emo-but-icon

item