PANWAS PANGANDARAN GELAR FGD DAN BENTUK SAKA ADIASTA PRAMUKA

PANGANDARAN-Untuk suksesnya pemilukada Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2018, Panitia Pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pangandaran baru-baru ini menggelar acara Focus Grouf Discusion (FGD) pengawsan partisipatif sekaligus pembentukan Saka Adiasta bersama gerakan Pramuka Kwarcab Pangandaran.(1/5)

Menurut Ketua Panwaslu Kabupaten Pangandaran, Iwan Yudiawan, kegiatan yang dilaksanakan di sebuah hotel di kawasan wisata Pantai pangandaran ini merupakan langkah preventif dalam  membangun komitmen dan pemahaman terhadap anggota gerakan pramuka terkait proses pengawasan pada pelaksanaan pilkada melalui pembentukan Saka Adhyasta pemilu.

 “Karena partisipasi politik ini menjadi salah satu inti dari nilai-nilai demokrasi. “ungkap Iwan.

Iwan menambahkan, partisipasi serta kepedulian masyarakat sangat diperlukan dalam pengawasan pemilu agar nantinya bisa tercipta pemilu yang berintegritas.

Dan salah satu kelompok masyarakat yang potensial, lanjut Iwan, generasi pemuda serta  gerakan pramuka merupakan salah satu wadah organisasi kepemudaan akan menjadi elemen potensial yang sangat membantu kinerja Bawaslu dalam mengawasi pemilu.

“Modal awal yang dimilki gerakan pramuka sangat kuat untuk mengawal jalannya demokrasi elektoral dan nonpartisan dengan soliditas yang kuat “Imbuh Iwan.

Dengan berdirinya Saka Adyasta di dalam tubuh gerakan pramuka, lanjutnya lagi, merupakan tonggak penting partisipasi pemuda dalam menegakkan penyelengaraan demokrasi elektoral. Antara lain, gerakan pramuka selama ini dikenal merupakan wadah aktivitas pemuda bisa lebih jauh menegakkan jalannya demokrasi sebagai wujud partisipasi politik, partisipasi gerakan pramuka dalam pengawasan pemilu ini juga diharapkan bisa menjadi inspirasi generasi muda lainnya untuk turut berkontribusi mengawasi proses pemilu agar berjalan bebas dan adil.

“Saka Adyasta juga menjadi wujud riil demokrasi di sekolah dengan mengajarkan civic skill. “pungkas Iwan. (hiek)



Related

POJOK PEMILU 3442876623219774920

Posting Komentar

emo-but-icon

item