MA DOMINASI KEJUARAAN LTUB SE-KABUPATEN PANGANDARAN

PANGANDARAN-Madrasah Aliyah (MA) mendominasi kemenangan pada kegiatan Lomba Tata Cara Upacara Bendera (LTUB) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pangandaran tanggal 26 Maret 2018 lalu tingkat SMA/SMK/MA sederajat tingkat kabupaten.

Dalam sambutannya Kadisdikpora, H.Surman, menyampaikan, pentingnya kegiatan ini untuk menumbuhkan kembangkan nilai-nilai karakter berbangsa serta mencetak generasi-generasi kuat dan tangguh.

"Saya ambil contoh beberapa kegiatan di dalam upacara bendera yang memiliki nilai-nilai karakter bangsa, seperti pengibaran bendera merah-putih, disana terdapat nilai luhur yang dapat ditumbuhkan di dalam kegiatan pengibaran bendera ini", ungkapnya.

Bagi petugas pengibar bendera, lanjutnya, ada nilai gotong royong dan kebersamaan yang bisa diambil saat melaksanakan tugasnya, petugas pengibar bendera harus terbiasa dan bisa mengharmoniskan posisi badan, gerakan ayunan tangan dan hentakan kaki. Diantara petugas bendera itu tidak boleh ada yang berbeda gerakan dan sikapnya, karena jika ada, maka pelaksanaan upacara benderanya bisa dinyatakan kurang baik.

“Hal ini dikarenakan pengibaran Sang Merah Putih merupakan ruh atau kegiatan inti dari pelaksanaan upacara bendera. "tambahnya.

Surman berharap, kegiatan LTUB ini dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter kebangsaan anak didik, sehingga pada akhirnya tujuan pendidikan karakter yang dicita-citakan dapat terwujud.

Usai melaksanakan sambutan, Kadisdikpora pun langsung menyerahkan piala dan tropi penghargaan kepada para pemenang lomba.(06/04)

Sementara Kepala Kementerian Agama (kemenag) Kabupaten Pangandaran, Cece Hidayat saat ditemui di ruang kerjanya, mengatakan, pihaknya merasa bangga dengan kemenangan yang diraih para siswa menjadi juara ke dua, ke tiga dan juara harapan.

"Kemenangan ini merupakan wujud dari jargon madrasah bermartabat dalam pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan yang didanai dari program Pangandaran hebat atau sekolah gratis, maka sudah selayaknya madrasah memberikan hasil terbaik bagi warga kabupaten Pangandaran", jelasnya.

Cece menambahkan, madrasah akan selalu berpartisipasi dalam semua kegiatan yang melibatkan peserta didik pada kegiatan yang diselenggarakan Pemda Kabupaten Pangandaran.

“Ini sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan daerah terutama pada penguatan pendidikan karakter", tandasnya. (AGE)

Related

Pendidikan 4936266459646686839

Posting Komentar

emo-but-icon

item