DI KABUPATEN PANGANDARAN ADA MAKAM TITISAN SYEH ABDUL MUHYI

CIMERAK-Kekayaan situs budaya di Kabupaten Pangandaran memang hampir ada di setiap kecamatan, ini terbukti, dengan semakin terbukanya akses jalan yang bagus, serta sarana informasi yang gencar, satu per satu potensi tersebut mulai terkuak ke publik.

Seperti keberadaan situs dua makam yang konon merupakan titisan Syeh Abdul Muhyi di Kampung Dukuh Dusun Rantobatang Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak, yaitu makam Syeh Arya Wangi dan Syeh Arya Pandegan. Di makam yang ditemukan masyarakat sekitar tahun 2014 juga terdapat sebuah gua yang memanjang di sisi sungai Cimedang, dan  beberapa hari lalu makam tersebut mendapat kunjungan Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata.

Bila masuk ke dalam gua, maka akan terlihat keunikan stalagmit dan stalagtit di bagian dalam gua yang indah hingga cocok untuk dijadikan bahan penelitian, baik dari segi tanah, batuannya maupun usia gua itu sendiri.

“Kedua makam tersebut tepatnya berada di atas tanah milik Pa Haminudin, warga sini. ”terang Ustadz Isom, yang dikenal menjadi pengurus makam tersebut. (2/3)

Menurut Isom, masyarakat yang tinggal di sekitar makam tersebut, benaqr-benar meyakini bahwa kedua makam itu memang ada kaitannya dengan Syeh Abdul Muhyi di Pamijahan Kabupaten Tasikmalaya. (RASIMUN PNEWS)

Related

budaya 2790558975116353735

Posting Komentar

emo-but-icon

item