Cara Alloh Memuliakan HambaNya

Oleh : Haris Firdaus *

Adalah kekeliruan yang amat sangat jika saja menempatkan kemuliaan seseorang dari ilmunya, pangkat dan kedudukannya atau kemewahan yang berlimpah ruah. Jelas pandangan seperti ini sangat sempit dan tidak berdasar.

Kemuliaan yang sebenarnya sangat mudah diraih, siapapun dapat memilikinya si kaya atau si miskin, rakyat biasa atau pejabat. Allah tebar kemuliaan bagi siapa saja yang menginginkannya. Tentu kemuliaan disini adalah kemuliaan yang sesungguhnya, kemuliaan yang menghantarkan pemiliknya berada di urutan terdekat di sisi Tuhannya.

Ada beberapa perbuatan yang dapat ditempuh oleh siapapun, yang pertama amal sosial yaitu dengan sedekah maupun infak. Yang kedua dengan memaafkan kesalahan orang lain, dan yang ketiga rendah hati. Inilah yang disebutkan dalam riwayat berikut :

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya."(HR. Muslim no 4689).
 *penulis : wartawan PNews

Related

Syiar 7881645973945737539

Posting Komentar

emo-but-icon

item