PERAN GURU MENCIPTAKAN MANUSIA CERDAS DAN TANGGUH

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru - namamu akan selalu hidup - Dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir Didalam hatiku - Sebagai prasasti terimakasihku tuk pengabdianmu…


PANGANDARAN-Guru merupakan pendidik, menjadi tokoh panutan bagi para peserta didiknya, karena tugas guru dalam menjalankan profesinya, selain selain sebagai pendidik tugas guru juga harus bisa menjadi tauladan bagi seluruh murid.
Demikian dikatakan Kepala Sekolah Dasar Pangandaran III, Abdul Aziz saat diminta tanggapannya tentang peranan guru dalam proses mencerdaskan peserta didiknya.

Sebagai guru yang sudah lebih 20 tahun mengajar, Aziz mengatakan, guru harus bisa mewariskan atau memberikan nilai-nilai pendidikan untuk mempersiapkan generasi manusia cerdas dan tangguh. Karena tugas guru  juga harus mampu memberikan motivasi pada setiap siswa.

“Guru harus dapat memberikan semangat dan menjadi sumber energi untuk para peserta didiknya agar proses belajar mengajar bisa efektif. “ungkap Aziz. (24/11)

Walau tugas guru  terbatas wanya beberapa jam saja di dalam kelas, sambung Aziz, tapi guru selain harus mentransfer ilmu pengetahuan juga bisa memberikan etika dan nilai-nilai moral pada muridnya.

Seorang guru, menurut Aziz, harus dapat meneruskan dan bisa mengembangkan ilmu pengetahuan dan mampu memberikan pengajaran terhadap materi yang benar-benar sudah ia kuasai.

Selain itu, lanjut Aziz, proses belajar pun tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja. Tapi dengan memberikan pemahaman tentang lingkungan, alam serta pendidikan sosial, guru juga sekaligus menjadi pembimbing siswa dalam beretika.

“Pendidikan pada murid tidak hanya bisa diterapkan di dalam kelas saja, sebab guru juga harus bisa memberikan pendidikan tentang kecintaan pada alam, lingkungan dan seterusnya. “kata Aziz lagi. (hiek)



Related

Pendidikan 8197357839641194229

Posting Komentar

emo-but-icon

item