Rp 7,866 MILYAR “PANGANDARAN HEBAT” UNTUK SMAN-SMKN SEGERA CAIR

PANGANDARAN-Menanggapi keluhan beberapa SMAN/SMKN tentang dana “Pangandaran Hebat” yang tak kunjung cair, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Didikpora) Kabupaten Pangandaran melalui Sekdisnya, H M. Agus Nurdin, S.Pd, M.Pd menjelaskan, saat ini permasalahan “Pangandaran Hebat” sudah bukan domain lagi Disdikpora. Karena segala persaratan program tersebut sudah terpenuhi, termasuk yang terahir surat dari Gubernur jawa Barat, Ahmad Heryawan yang ditujukan pada Bupati Pangandaran pun sudah ada.

“Sekarang hanya tinggal menunggu pencairan, dan jika bicara pencairan tentunya itu sudah kewenangan Dinas keuangan. “jelasnya.(3/7)

Agus yang ditemui di ruang kerjanya, juga mengatakan, kronologi perjalanan program “Pangandaran Hebat” dimulai saat di APBD Kabupaten Pangandaran ada anggaran “Pangandaran Hebat” yang diperuntukan pada dunia pendidikan termasuk untuk SMAN dan SMKN. Tapi masalahnya, sejak tahun 2017 SMAN dan SMKN sudah pindah pengelolaannya ke pemprov. 

“Saat itu juga kami langsung memberitahukan ke Dinas pendidikan Propinsi tentang hal ini. “lanjutnya.

Setelah saat itu semua persaratan ditempuh, masih kata Agus, anggaran tersebut pun sudah muncul di DPA Dinas Pendidikan Propinsi.

Ditambahkan Agus, seluruh persaratan yang minta Disdik propinsi, termasuk yang terahir surat pernyataan gubernur Jabar bulan juni 2017 lalu  yang mengatakan, diantaranya, gubernur akan menggunakan dana “Pangandaran Hebat” Kabupaten Pangandaran sesuai yang tercantum dalam DPA Disdik propinsi, gubernur akan bertanggungajawab dalam penggunaan anggaran tersebut dan apabila dalam penggunaannya tidak sesuai dengan visi-misi pendidikan Kabupaten Pangandaran serta tidak sesuai dengan DPA yang ada di disdik propinsi, maka gubernur sanggup mengembalikan anggaran tersebut ke kas daerah pemkab Pangandaran.

“Gubernur pun nantinya akan membuat laporan penggunaan dana itu secara transparan dan akuntabel. “lanjut Agus.

Kalau sudah tidak ada ladi persaratan lainnya, masih kata Agus, sekarang tinggal menunggu transfer dari Dinas Keuangan Kabupaten Pangandaran ke Disdik propinsi Jawa Barat.

Jadi, menurut Agus, tidak benar kalau selama ini ada yang mengatakan atau kesan Disdikpora Pangandaran tidak konsen mengurus program ini untuk SMAN dan SMKN.

“Kalau boleh saya katakan, penanganan program “Pangandaran Hebat” ini jadi rujukan beberapa kabupaten-kota lainnya di Jawa Barat. “tegas Agus.

Seperti diketahui, program “Pangandaran Hebat “ berawal dari niat tulus Pemkab Pangandaran khususnya pada dunia pendidikan salah satu dari empat skala perioritas Pemda Pangandaran termasuk perbaikan infra struktur, pelayanan kesehatan dan penataan dunia pariwisata. Dan program “Pangandaran Hebat” ini merupakan bukti keseriusan Pemkab Pangandaran khusus untuk dunia pendidikan.

Dan “Pangandaran Hebat” untuk SMAN dan SMKN sendiri, Pemda Pangandaran  sudah menggelontorkan anggaran sebesar Rp. 7.866 milyar yang akan diterima setiap siswanya Rp 600 ribu per tahun. (hiek)

Related

Pendidikan 8399944462365669971

Posting Komentar

emo-but-icon

item