DIKENAL DENGAN KEANGKERANNYA, JEMBATAN CIRAHONG HUBUNGKAN DUA KABUPATEN

Jembatan Cirahong
CIAMIS - Jembatan Cirahong secara geografis merupkan batas wilayah administrative anatar Kabu0paten Ciamis dan Tasikmaya, tepqatnya terletak di Desa Panyingkiran Kabupaten Ciamis dan Desa Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Keberadaan Jembatan Cirahong cukup dikenal luas masyarakat karena memiliki ciri khas dan unik, dengan kedalaman yang cukup curam Cirahong pun mempunyai dua fungsi, sebagai jembatan kerta api terletak di bagian atas dan jembatan kendaraan roda dua/empat di bagian bawah termasuk untuk pejalan kaki. Tapi karena jembatan untuk kendaraan tidak cukup lebar, maka setiao kendaraan yang akan melintas pun harus bergantian.

Saat PNews menikmati hangatnya kopi di sebuah warung yang memang banyak terdapat di sekitar jembatan, salah seorang warga Kecamatan Manonjaya, Aki Udin (72) menuturkan beberapa kisah keberadaan jembatan Cirahong yang sudah lama dikenal dengan keangkerannya.

Menurut cerita Aki Udin, pada suatu malam ada orang sedang melintas di jembatan, tiba-tiba ada yang mengambil foto jembatan dengan kilatan cahaya blitz kamera, padahal sebelumnya cuma 1 orang dengan motornya sedang melintas ke jembatan itu.

“Tetapi ketika di cek di kamera ternyata tidak orang melainkan sosok hitam yang berada di ujung jembatan", tutur Aki Udin.

Masih kisah Aki Udin, ini pun sama kejadiannya malam hari, saat itu ada enam orang sedang melakukan ronda malam, tiba-tiba saja ke enam orang itu mendengar ada suara kereta yang suaranya sangat dekat sekali tetapi setelah diteliti keretanya tidak ada.

Keesokan harinya ke enam orang tersebut sakit hingga berminggu-minggu,  dan stelah beberapa lama RT setempat berinisiatif mengundang paranormal, tetapi tidak ada satupun yang berani.

“Menurut cerita yang bberkembang dari mulut ke mulut, memang jembatan itu sangat angker, konon dahulunya pernah ada yang bunuh diri pada malah pada jaman penjajahan dulu jembatan Cirahong kerap jadi tempat penyiksaan yang dilakukan para penjajah hingga banyak menimbulkan korban. “tutur Aki udin.

 Walau banyak dikenal angker dengan cerita misterinya, namun keberadaan jembatan Cirahong sangat dibutuhkan masyarakat sebagai alat transportasi dari Tasikmalaya ke Ciamis atau sebaliknya.

Jembatan Cirahong merupakan jalur alternatif yang menghubungkan dua kabupaten,Tasikmalaya dan Ciamis dan  merupakan satu-satunya jembatan peninggalan kolonial Belanda di Kabupaten Ciamis.

“Jembatan Cirahong yang terbentang di atas sungai Citanduy dengan ketingian 66 meter ini dibangun tahun 1893,” terang aki Udin.

Menurut Aki udin, sejak jaman dulu hingga sekarang, Jembatan Cirahong dengan Nomor BH 1290 ini dijaga oleh pemuda warga dari dua desa. (Desa Penyingkiran Kabupaten Ciamis dan warga Desa Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya).

“Di ujung timur oleh pemuda Desa Panyingkiranm dan ujung selatan oleh pemuda Desa manonjaya. “jelas Aki Udin lagi.

Dan setiap kendaraan yang melintas harus  mengantri karena lebar jembatan hanya bisa dilalui  satu kendaraan jenis min bus kecil. Dan para pengendara biasanya akan memberikan uang  seikhlasnya kepada para penjaga yang dengan sukarela mengatur perjalanan antara kendaraan yang melintas dari timur dan selatan, begitu juga sebaliknya.

Menurut salah seorang petugas jaga Jembatan Cirahong, Ujang (45), meski hanya uang recehan yang diberikan para pengendara, tetapi cukup lumayan karena setiap harinya tidak kurang seratus kendaraan yang melintas.

“Ada ratusan roda emapt dan dua setiao harinya yang melintas ke sini. “kata Ujang.

Sementara uang yang dihasilkan dari pemberian para pengendara, menurut Ujang, setiap harinya akan dibagi dua dengan petugas di ujung jembatan lainnya.

“Tentu saja lumayan, apalagi bila musim lebaran atau tahun baru tiba, karena akan lebih banyak kendaraan yang lewat ke sini, dan sebagian hasil dari jembatan ini kami setorkan ke kas karang taruna desa kami masing-masing untuk kebutuhan saat ada kegiatan di desa dan juga untuk biaya perbaikan balok kayu jembatan.", tandasnya.  AGE

Related

berita 7459449766419872835

Posting Komentar

emo-but-icon

item