PENEGAKAN PERDA NOMER 17 TAHUN 2015, POL PP PANGANDARAN BONGKAR BANGUNAN DI HARIM SUNGAI

CIJULANG - Anggota Satpol PP Kabupaten Pangandaran dibantu anggota Polri Polsek Cijulang sekitar pukul 15.00 WIB, Kamis (09/02) akhirnya melakukan upaya penertiban dan pembongkaran bangunan di sepanjang sempadan Sungai Cijulang, tepatnya di sekitar area Objek Wisata Green Canyon Kecamatan Cijulang, hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari beberapa laporan masyarakat tentang mulai tercemarnya sungai tersebut.

Kasatpol PP Kabupaten Pangandaran, Irwansyah, S.Sos mengatakan, penertiban dan pembongkaran ini melibatkan kurang lebih 70 personil dibantu anggota kepolisian polsek Cijulang sebagai langkah seteleah sebelumnya disampaikan Surat Perintahj (SP) 1, 2 dan 3 beberapa waktu lalu.

“ Ada sekitar 9 bangunan yang ditertibkan dan ini merupakan bentuk langkah penegakan perda nomor 17 tahun 2015 tentang pengelolaan lingkungan hidup,”kata Irwansyah.

Menurutnya, persoalan penataan kawasan harim sungai merupakan upaya serius pihak pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan Pangandaran sebagai Kabupaten pariwisata yang mendunia.

” Kita juga akan terus melakukan penertiban bangunan lain yang ada di harim sungai di lokasi lain, dalam penegakan perda kita tidak akan tebang pilih,”tegasnya.

Ditemui di tempat terpisah, kepala BPLH Kabupaten Pangandaran, Surya Darma, SH, MH menjelaskan, penertiban ini sudah sesuai dengan undang-undang yang mengatur tentang lingkungan disekitar harim sungai yang merupakan kawasan  lindung.

Menurut Surya, pihaknya sudah memberi peringatan pada warga yang ada di bantaran sungai tersebut sejak tahun 2015 lalu agar jangan melakukan kegiatan usaha di sekitar sempadan sungai, tapi tidak ditanggapi serius.

Padahal, lanjut Surya, seperti diketahui, dampak dari banyaknya bangunan di sekitar sempadan sungai itu akan mengakibatkan terjadinya pendangkalan sungai, abrasi dan pencemaran air akibat dari pembuangan limbah dan kotoran yang dibuang langsung ke sungai.

"Harapan kami semoga masyarakat bisa sadar akan pentingnya lingkungan di sekitar kita agar habitatnya selalu terjaga ", pungkasnya. (Age)

Related

berita 7410130225782034240

Posting Komentar

emo-but-icon

item