YANA HENDRAYANA: “INI TANGGUNG JAWAB BERSAMA…”, JADIKAN HUTAN CAGAR ALAM PANANJUNG SEBAGAI DAERAH RESAPAN AIR,

PANGANDARAN-Mungkin tidak banyak masyarakat tahu, fungsi hutan lindung cagar Alam Pananjung begitu besar untuk kelangsungan hidup masyarakat di sekitar kawasan hutan. Dengan luas 34.321 hektar, hutan Cagar Alam Pananjung bisa menjadi sumber serapan air, sehingga sumur-sumur yang ada di rumah-rumah penduduk sekitar pesisir pantai pun bisa tawar. Cagar Alam Pananjung, sebagai kawasan hutan konservasi mempunyai fungsi sebagi pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.

Demikian dikatakan Kepala BKSDA Resort pangandaran, Yana Hendrayana saat ditemui PNews di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

“Sementara sumur-sumur yang ada di rumah penduduk pantai bojongsalawe parigi, rasanya  hambar. “terang Yana.

Hutan lindung, lanjut yana, dapat memberikan kehidupan dan menjamin kondisi pemenuhan kebutuhan lingkungan secara utuh karena pepohonan yang ada di hutan lindung mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar yang dibutuhkan masyarakat sekitar.

“Dengan tetap terjaganya kawasan hutan, maka jumlah dan kualitas air pun akan tetap terjaga bagi kehidupan masyarakat di sekitar kawasan. “imbuh Yana.

Sebagai tempat resapan air, menurut Yana, hutan merupakan daerah penahan air yang efektif. Banyaknya lapisan humus yang berpori-pori, banyak akar yang berfungsi menahan tanah, mengoptimalkan fungsi hutan sebagai area penahan dan resapan air. Namun  jika fungsin hutan rusak, maka bisa menyebabkan terganggunya fungsi hutan sebagai penahan air dan habitat sekitar hutan yang berakibat sewaktu-waktu bisa ditenggelamkan banjir.

“Kerusakan hutan akan membuat fungsi hutan sebagai area resapan biusa terganggu yang akan mengakibatkan  kelangkaan air  bersih dan higienis atau air siap pakai. “jelas Yana lagi.

Kawasan Cagar Alam Pananjung wilayah BKSDA Pangandaran dengan luas Cagar Alam darat sekitar 452,3 hektar dan cagar alam laut 470 hektar, menurut Yana, diharapkan bisa menjadi tanggungjawab bersama dalam kelestariannya.

“Bayangkan, Cirebon yang tidak mempunyai kawasan hutan lindung, sumur  penduduk dalam radius 2 km dari bibir pantai, air sumurya terasa hambar. “imbuhnya.

Yana menambahkan, bukan hanya kawasan hutan, Cagar Alam laut pun dengan aneka biota laut dan terumbu karang harus tetap terjaga,nkarena karang mempunyai fungsi menahan abrasi dan kelestarian biota laut. (hiek)

Related

berita 6049355801378253673

Posting Komentar

emo-but-icon

item