HASIL PENELITIAN, DI DESA KERTAHARJA CIMERAK ADA POTENSI EMAS

CIMERAK- Sejak masa penjajahan dulu sudah tersiar kabar adanya harta karun diwilayah selatan Jawa Barat, hanya saja waktu itu beberapa orang saja yang tahu keberadaan pirit/emas muda yang tersimpan di Kecamatan Cimerak. Dan itu terbukti pada masa penjajahan dulu dengan adanya jalur jalan kereta api sampai ke arah selatan, tepatnya di Kecamatan Cijulang terdapat stasiun terakhir nya. Dan sangat tidak mungkin jika waktu dibangun jalur kereta api oleh penjajah dulu bila di wilayah selatan jabar  ini tidak ada tujuan.

"Batu pirit atau emas muda yang ada di wilayah Kecamatan Cimerak ini sebagai bahan dasar emas sama dengan batu pirit yang ada.di PT.Preefort, Irian Jaya" kata Abdul Gofar yang biasa dipanggil Opang.(25/11).

H. Opang menambahkan, informasi tentang batu bahan emas ini ia peroleh dari temannya yang bekerja di PT.Preefort Irian Jaya.

Opang jga mengatakan,  dulu semasa ia masih menjadi anggota DPRD Kabupaten Ciamis pernah  mengusulkan dan menginformasikan hal ini, karena sudah jelas berdasar Uga/siloka sepuh Kacijulangan, adanya harta karun di wilayah Kabupaten Ciamis (sebelum pemelaran).

Hal senada dikatakan Kepala Desa Kertahraja Kecamatan Cimerak, H.Oman Rohman, sebenarnya di desanya, tepatnya di Dusun Jampang, Dusun Cikondang dan Dusun Purwasari terdapat potensi mineral emas.

“Hanya saja potensi ini samapai sekarang belum diketahui Pemkab Pangandaran. “ungkap Oman.(25/11)/

Oman juga menungkapkan, pembuktian adanya kandungan emas di desanya itu, waktu itu  pernah ada penelitian oleh perusahaan dari Jakarta.  Dan menurut hasil penelitian perusahaan tersebut menyatakan di beberapa area di Desa Kertaharja ada gurat emas.

“Namun saat itu ijin pertambangannya tidak keluar, makanya kami berharap bisa secepatnya dilakukan penelitian ulang oleh Pemkab Pangandaran, “ imbuhnya.

Konon, menurut cerita para orang tua di desanya, lanjut Oman, suatu saat nanti Desa Kertaharja akan sejahtera dan akan menjadi desa pertambangan emas, dari dulu cerita tersebut sudah lama berkembang di masyarakat.

"Semoga semua cerita orang tua dahulu tersebut akan menjadi kenyataan" pungkas Oman. (AGE).

Related

Kabar Desa 8605690467042606230

Posting Komentar

emo-but-icon

item